UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DI KELAS VII-B MTs NEGERI JETIS TAHUN PELAJARAN 2015/2016

HAYI WALDANI, HILAL (2015) UPAYA MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA DI KELAS VII-B MTs NEGERI JETIS TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (103kB) | Preview
[img]
Preview
Text
ABSTRAK.pdf

Download (167kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (118kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (211kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (453kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (820kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (212kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Pendekatan PMRI, Aktivitas, Prestasi Belajar. Pembelajaran yang kurang menarik dan monoton menyebabkan rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VII-B MTs Negeri Jetis siswa kurang aktif dalam bertanya, menanggapi pertanyaan, mengemukakan pendapat dan pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan metode pembelajaran yang digunakan juga masih kurang bervariasi, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika di dalam kelas. Faktor lain yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa adalah pada saat proses belajar mengajar guru kurang membangkitkan perhatian dan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran. Untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada penelitian ini akan diterapkan pendekatan PMRI. Pendekatan PMRI merupakan pendekatan pembelajaran yang menitik beratkan pada hal yang nyata dengan mengkaitkannya dalam kehidupan sehari-hari yang bersifat realistik. Dalam hal ini sebagai suatu proses yang bertolak dari kehidupan kedunia simbol disebut dengan matematisasi horizontal, sedangkan proses membawa hal-hal yang matematis kejenjang yang lebih tinggi disebut dengan matematisasi vertikal. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa setelah pelaksanaan pebelajaran matematika pada materi bilangan bulat melalui penerapan pendekatan PMRI siswa kelas VII-B MTs Negeri Jetis. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas VII-B MTs Negeri Jetis yang terdiri dari 23 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dilaksanakan dengan 2 kali pembelajaran dan satu kali tes akhir siklus, dan begitu juga dengan siklus II. Teknik pengumpalan data yang digunakan adalah dengan cara observasi (aktivitas siswa selama proses pembelajaran), dan tes setiap akhir siklus.Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan aktivitas belajar siswa sebesar 64,07%, sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi 81,15%. Pada siklus I menunjukkan prestasi belajar siswa sebesar (65,21%), sedangkan pada siklus II prestasi belajar siswa meningkat menjadi (86,95%).

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 30 Oct 2015 03:13
Last Modified: 30 Oct 2015 03:13
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1222

Actions (login required)

View Item View Item