UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI HAK ASASI MANUSIA (HAM) DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS X A SMA NEGERI 1 BALONG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SAPUTRO, ENDRO DWI (2014) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI HAK ASASI MANUSIA (HAM) DENGAN MENGGUNAKAN METODE MAKE A MATCH PADA MATA PELAJARAN PKn SISWA KELAS X A SMA NEGERI 1 BALONG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (191kB) | Preview
[img] Text
BAB I_III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (636kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (168kB)
[img]
Preview
Text
COVER KATA PENGANTAR DAN PERANGKAT LAIN.pdf

Download (851kB) | Preview
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (49kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Saputra, Endro Dwi. 2014. Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Hak Asasi Manusia (HAM) Dengan Menggunakan Metode Make A Match Pada Mata PelajaraN PKn Siswa Kelas X A SMA Negeri 1 Balong Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruandan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Ponorogo, Pembimbing : 1 Drs. Sunarto AT.M, M. Si Pembimbing 2 Ardhana Januar, S.AP M.KP Kata Kunci: Minat Belajar, Make A Match Hasil observasi awal yang dilakukan di Kelas X A SMA Negeri 1 Balong Ponorogo proses pembelajaran yang berlangsung masih menggunakan metode ceramah dan siswa masih terlihat pasif dalam mengikuti pelajaran. Berdasarkan kenyataan tersebut, perlu diterapkan pendekatan pembelajaran yang dapat membuat situasi berbeda di dalam proses pembelajaran, pembelajaran yang dimaksud yaitu metode Make A Match. Penelitian ini dibagi dalam dua siklus yang disesuaikan dengan alokasi waktu dan topik yang dipilih, tetapi apabila dalam waktu dua siklus tersebut belum memenuhi nilai kriteria ketuntasan minimum maka akan dilakukan siklus berikutnya. Masing-masing siklus terdiri dari empat langkah yaitu sebagai berikut: (1) perencanaan, yaitu membuat rencana tindakan, (2) tindakan, yang dilakukan sebagai upaya perubahan yang dilakukan, (3) observasi, dilakukan secara sistematis untuk mengamati hasil atau dampak tindakan tehadap proses belajar mengajar, dan (4) refleksi, yaitu mengkaji dan mempertimbangkan hasil atau dampak tindakan yang dilakukan Subjek penelitian adalah siswa kelas X A SMA Negeri Balong dengan jumlah siswa 26 siswa. Pokok bahasan yang digunakan adalah HAk Asasi Manusia (HAM), karena berdasarkan pengamatan peneliti siswa kurang memahami Permasalahan tentanh HAM. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan minar belajar siswa dalam pelajaran PKn, mengetahui apakah siswa dapat bekerja sama, bertanggung jawab, memberikan respond an dapat memahami selama mengikuti pembelajaran dengan menggunakan metode Make A Match. Hasil observasi diperoleh nilai rata-rata minat belajar siswa 73 yang termasuk dalam kategori cukup pada siklus I meningkat menjadi 90 yang termasuk dalam kategori sangat baik pada siklus II. Sedangkan untuk nilai rata-rata indikator minat belajar yaitu: pada indikator kerjasama 64% pada siklus I meningkat menjadi 90% pada siklus II, pada indikator tanggung jawab 78% pada siklus I meningkat menjadi 91% pada siklus II, pada indikator pemberian respon 72% pada siklus I meningkat menjadi 89% pada siklus II, sedangkan dan pada indikator pemahaman 72% pada siklus I meningkat menjadi 87% pada siklus II. Aktivitas guru menjadi meningkat yaitu siklus I 73% menjadi 85% pada siklus II. Penguasaan siswa terhadap materi pembelajaran juga meningkat. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata belajar siswa yang meningkat dari siklus I sebesar 74 menjadi 87 pada siklus II.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 05 Apr 2014 03:58
Last Modified: 05 Apr 2014 03:58
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/125

Actions (login required)

View Item View Item