Saputri, Dian (2023) PENGARUH VIRAL MARKETING, KEAMANAN TRANSAKSI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP MINAT BELI ONLINE MAHASISWA PENGGUNA APLIKASI SHOPEE PADA FAKULTAS EKONOMI UNMUH PONOROGO ANGKATAN 2018. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text (Surat Persetujuan unggah karya ilmiah)
Scan Dian Saputri.pdf Download (71kB) |
|
Text (Halaman Depan)
1. Pendahuluan.pdf Download (358kB) |
|
Text (BAB I)
2. Bab I.pdf Download (182kB) |
|
Text (BAB II)
3. Bab II.pdf Restricted to Repository staff only Download (412kB) |
|
Text (BAB III)
4. Bab III.pdf Restricted to Repository staff only Download (241kB) |
|
Text (BAB IV)
5. Bab IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (394kB) |
|
Text (BAB V)
6. Bab V.pdf Restricted to Repository staff only Download (18kB) |
|
Text (Daftar Pustaka)
7. Daftar Pustaka.pdf Download (178kB) |
|
Text (Lampiran)
8. Lampiran.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text (Skripsi Full Draft)
fullDraft skripsi DianSaputri.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Kecenderungan konsumen untuk berbelanja melalui Online Shop, mengurangi tingkat kewaspadaan dalam melakukan transaksi jual beli. Terbukti dengan banyaknya kasus penipuan dengan modus Online Shopping. Terutama disebabkan karena pembeli tidak dapat bertatap muka secara langsung dengan penjual, sehingga sistem Kepercayaan menjadi modal utama dalam setiap transaksi jual beli online. Beberapa modus penipuan yang marak terjadi di Online Shopping, misalnya penjual yang menghilang setelah pembeli melakukan pembayaran, barang yang dikirim tidak sesuai dengan yang dijanjikan atau tidak sesuai dengan gambar yang ada di Online Shop tersebut. Selain itu, untuk dapat menarik minat pembelian online, online shop harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi minat beli online, salah satunya adalah karakteristik gaya hidup berbelanja (shopping orientation) yang dimiliki oleh para konsumen. Shopping orientation yang dimiliki oleh setiap orang berbeda-beda, misalnya dalam hal keinginan, kebutuhan, dan tujuan dalam melakukan pembelian online. Faktor lain yang berpengaruh terhadap minat beli online adalah Kepercayaan (online trust). Pada online shop, konsumen berinteraksi melalui dunia maya sehingga online shop dipersepsikan akan lebih berisiko untuk terjadinya kejadiankejadian yang tidak diinginkan seperti penipuan (Rosdiana dan Haris, 2018).. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, yaitu data yang dapat dihitung berupa angka-angka. Penelitian dengan metode kuantitatif ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh Viral Marketing, Keamanan Transaksi dan Kepercayaan terhadap Minat Beli Online Mahasiswa Pengguna Aplikasi Shopee pada Fakultas Ekonomi Unmuh Ponorogo Angkatan 2018. Analisis data penulis lakukan diawali dengan pengumpulan dan pengolahan data berupa kuesioner tertutup dengan skala likert dimana alternatif jawaban nilai 1 sampai dengan 5 pemberian skor dilakukan atas jawaban pertanyaan baik mengenai Viral Marketing (X1), Keamanan Transaksi (X2) dan Kepercayaan (X3) maupun Minat Beli Online (Y). Berdasarkan hasil pembahasan sesuai dengan data yang dikelola dengan model analisis regresi linear berganda disimpulkan bahwa; Berdasarkan hasil uji t variabel independen Viral Marketing, diperoleh nilai t hitung > t table (8,251 < 1,990), maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh Viral Marketing terhadap Minat Beli Mahasiswa Pengguna Aplikasi Shopee pada Fakultas Ekonomi Unmuh Ponorogo Angkatan 2018. Keamanan Transaksi, diperoleh nilai t hitung > t tabel (10,916 > 1,990) maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh Keamanan Transaksi terhadap Minat Beli Online Mahasiswa Pengguna Aplikasi Shopee pada Fakultas Ekonomi Unmuh Ponorogo Angkatan 2018. Kepercayaan, diperoleh nilai t hitung > t table (12,415 > 1,990) maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh Kepercayaan terhadap Minat Beli Online Mahasiswa Pengguna Aplikasi Shopee pada Fakultas Ekonomi Unmuh Ponorogo Angkatan 2018. Sementara berdasarkan hasil uji F variabel dependen Minat Beli Online, diperoleh nilai F hitung > F tabel (73,275 > 2,70) maka Ho ditolak, artinya terdapat pengaruh Viral Marketing, Keamanan Transaksi dan Kepercayaan secara bersama-sama/simultan terhadap Minat Beli Online Mahasiswa Pengguna Aplikasi Shopee pada Fakultas Ekonomi Unmuh Ponorogo Angkatan 2018
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Viral Marketing, Keamanan Transasksi, Kepercayaan, Minat Beli Online |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management |
Depositing User: | fe . userfe |
Date Deposited: | 13 Sep 2023 08:15 |
Last Modified: | 13 Sep 2023 08:15 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/12678 |
Actions (login required)
View Item |