EKA SASMITA, FAJAR (2015) DAMPAK PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP KETERAMPILAN SOSIAL SISWA (Studi Kasus di Kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Kabupaten Ponorogo Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (729kB) | Preview |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (99kB) |
||
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (110kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (130kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (667kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (62kB) |
||
Text
BAB VI.pdf Restricted to Repository staff only Download (58kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (89kB) | Preview |
|
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (158kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci : Pembelajaran, Pendidikan Kewarganegaraan, Keterampilan Sosial. Sekolah adalah sebuah lembaga yang dirancang untuk pengajaran siswa / murid di bawah pengawasan guru. Didalam pendidikan, pembelajaran memiliki peran strategis untuk membentuk karakter siswa. Didalam pembelajaran terdapat mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan yang mengajarkan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila serta mengajarkan dan mendidik siswa untuk memiliki toleransi dan tenggang rasa antar sesama manusia. Akan tetapi realitas sekarang para siswa mengalami kemerosotan moral dan lebih mengarah ke anti sosial atau yang marak terjadi yaitu tawuran dan lain-lain. Maka dari itu sekolah melaui pendidikan kewarganegaraan diharapkan dapat melatih dan mendidik agar para siswa memiliki keterampilan sosial. Keterampilan sosial yaitu kemampuan berkomunikasi yang baik dalam bermasyarakat secara efektif dan efesien sesuai situasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Bagaimanakah dampak pembelejaran pendidikan kewaranegaraan terhadap keterampilan sosial siswa di kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 jenangan Ponorogo? Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui dan mendeskripsikan dampak pembelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap keterampilan sosial siswa di kelas VIII MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo.dampak pembelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap keterampilan sosial siswa di MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran yang dilakukan oleh MTs Muhammadiyah 2 Jenangan Ponorogo sudah baik. Pelaksanaan kurikulum sekolah dapat berjalan dengan lancar tanpa ada kendala dalam penerapannya serta mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan dalam menjalankan proses pembelajaran sudah maksimal sesuai materi yang diajarkan. Pendidikan kewarganegaraan dalam melatih dan mendidik siswanya agar memiliki keterampilan sosial dengan mengadakan berbagai kegiatan nyata, diantaranya kerja bakti lingkungan sekolah, reboisasi hutan gundul, mengikuti lomba mata pelajaran, dan para siswa lebih ditekankan untuk mengikuti kegiatan pengajian kelas dan pencak silat tapak suci. Kegiatan ini sangat berpengaruh terhadap mental dan kestabilan emosi siswa, sehingga mereka memiliki kemampuan dalam mengelola dan mengatur emosi dalam bermasyarakat. Maka saran yang dapat peneliti berikan kepada Kepala Sekolah dan guru adalah menerapkan kurikulum sekolah secara maksimal sehingga akan tercipta pembelajaran yang lancar serta akan mempengaruhi hasil belajar siswa di sekolah. Selain itu Kepala Sekolah dan guru untuk meningkatkan dan mengembangkan sarana dan prasarana sekolah untuk menunjang pembelajaran agar lebih maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 19 Nov 2015 02:29 |
Last Modified: | 19 Nov 2015 02:29 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1397 |
Actions (login required)
View Item |