POLA PENDIDIKAN TASAMUH ANTAR UMAT BERAGAMA STUDI KASUS DI SD NEGERI 3 MRICAN)

Ardiansyah, Yushaffad (2015) POLA PENDIDIKAN TASAMUH ANTAR UMAT BERAGAMA STUDI KASUS DI SD NEGERI 3 MRICAN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (252kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (261kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (101kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (340kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (65kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (11kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (114kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Pola dan Pendidikan Tasamuh antar Umat Beragama Sekolah Dasar (SD) merupakan lembaga pendidikan formal untuk memperoleh ilmu yang mempunyai jenjang pendidikan bersifat umum tidak condong pada suatu agama. Sekolah juga merupakan sarana menanamkan sikap kepada anak untuk saling menghargai dan menghormati antar sesama demi menciptakan pola pendidikan yang membawa hidup rukun dan bertoleransi antar umat beragama dengan baik. Di SD Negeri 3 Mrican sudah dilakukan pendidikan tasamuh antar umat beragama, oleh karena itu diperlukan sebuah pola pendidikan tasamuh antar umat beragama di SD Negeri 3 Mrican untuk memperkuat ukhuwah dan aqidah serta penanaman karakter dan sikap toleransi. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana pola pendidikan tasamuh antar umat beragama di SD negeri 3 Mrican. Objek penelitian ini adalah seluruh komponen yang terdapat di SD Negeri 3 Mrican. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul terkumpul terkait pola pendidikan tasamuh antar umat beragama di SD negeri 3 Mrican. dianalisis secara kualitatif. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) Pola pendidikan tasamuh di SD Negeri Mrican. Interaksi dan kerjasama antar umat beragama ditunjukan murid ketika belajar mengajar, olahraga dan istirahat. Pengajaran mata pelajaran PKn, Agama dan pelajaran lain dan perencanaanya yang diterapkan seperti konsep masyarakat madani yang kondusif serta orang tua mengajarkan hidup bertoleransi. Peningkatan pendekatan emosional ditunjukkan dengan semua guru berperan untuk membimbing para murid terkait sikap toleransi. Serta sikap guru bersikap adil tanpa membeda-bedakan. Meyakini agama atau kepercayaan sendiri dengan melaksanakan kegiatan ibadah siswa Muslim ada pelatihan BTQ, sholat Dhuha dan sholat Duhur berjamaah. Sedangkan siswa Kristen pembiasaan ibadah pagi ada tempat tersendiri. Ketika pagi untuk siswa Kristen beribadah dan siswa muslim diluar kelas. Ketika salah satu agama beribadah maka yang lain menghargai. 2) Hasil pola pendidikan tasamuh di SD Negeri 3 Mrican ditunjukkan pada kegiatan di sekolah seperti ibadah, belajar mengajar, olahraga dan istirahat. Serta kegiatan di keluarga seperti belajar dan bermain dengan tetangga. Juga kegiatan di masyarakat meliputi kerja bakti, resepsi dan serupa pertemuan-pertemuan keakraban lainya. 3) Peluang dan hambatan pola pendidikan tasamuh di SD Negeri 3 Mrican. Peluangnya yakni modelnya menerapakan bentuk saling mengahargai, menghormati dan tidak mendiskriditkan. Best practice mencangkup landasan pendidikan toleransi, sikap guru sebagai role model dan peran guru dan orang tua dalam mendidik. Hambatannya mencangkup kesalahpahaman dan kurang penegetahuan tentang agama dan keberadaan aturan yang tidak ada tentang toleransi antar umat beragama.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 24 Nov 2015 04:16
Last Modified: 24 Nov 2015 04:16
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1483

Actions (login required)

View Item View Item