SETYANINGRUM, RENI (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MATERI POKOKPERBANDINGAN MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION) DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 NGADIROJO TAHUN AJARAN 2014/2015. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (3MB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (110kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (223kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (171kB) |
||
Text
BAB-4.pdf Restricted to Repository staff only Download (275kB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (100kB) |
||
|
Text
DAFTARPUSTAKA.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text
Lampiran.pdf Download (535kB) | Preview |
Abstract
Kata Kunci: Metode Pembelajaran, Cooperative Learning, Prestasi Belajar Berdasarkan pada kenyataan perolehan nilai Ujian Nasional (UN) di tahun yang lalu masih banyak siswa yang belum lulus untuk mata pelajaran matematika. Permasalahan ini juga terjadi di SMP Negeri 2 Ngadirojo Pacitan. Prestasi belajar yang rendah itu terjadi juga pada pokok bahasan perbandingan. Hal ini dapat diketahui dari hasil belajar rata-rata pada pokok bahasan perbandingan selama dua tahun terakhir. Adapun faktor yang mempengaruhi prestasi belajar siswa yang rendah antara lain: tingkat pemahaman siswa terhadap materi kurang, siswa kurang serius dalam belajar, semangat belajar siswa kurang, metode atau model pembelajaran yang kurang tepat, sikap diam, enggan dan malu untuk mengemukakan pendapat atau permasalahan yang belum diketahui Permasalahan yang akan dikaji dalam penelitian ini adalah : Apakah melalui pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Ngadirojo Pacitan pada pokok bahasan perbandingan. Dengan tujuan : Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Ngadirojo Pacitan tahun ajaran 2014-2015 melalui Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Learning tipe CIRC dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan perbandingan Siswa yang menjalani tes akan dinyatakan tuntas dalam belajar apabila mendapat nilai 75 sesuai dengan kriteria ketuntasan minimal (KKM). Apabila belum tuntas akan dites lagi pada siklus selanjutnya supaya tercapai ketuntasan belajar. Untuk mengetahui gambaran yang jelas dari kreteria penilaian dapat dicari dengan menggunakan persentase ketuntasan dengan menghitung berapa objek dalam penelitian yang mencapai ketuntasan dalam pembelajaran menggunakan rumus persentase yang dituliskan dalam buku statistic pendidikan Dengan Hasil Penelitian yaitu Melalui implementasi model pembelajaran Cooperative Learning tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan pendekatan saintifik dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ngadirojo Pacitan tahun pelajaran 2014-2015 dengan skor ratarata yang dicapai 83,63 dengan peningkatan prosentase ketuntasan sebesar 10,35%.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 19 Dec 2015 04:07 |
Last Modified: | 19 Dec 2015 04:07 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1701 |
Actions (login required)
View Item |