CHOLIDAH, UMAYA (2016) IMPLEMENTASI THINK PAIR SHARE BERBASIS PMRI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA KELAS VIIB SMP NEGERI 2 SAMPUNG PONOROGO TAHUN AJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.
|
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf Download (719kB) | Preview |
|
|
Text
2. BAB I.pdf Download (190kB) | Preview |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (178kB) |
||
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (348kB) |
||
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (9kB) |
||
|
Text
7. LAMPIRAN.pdf Download (975kB) | Preview |
Abstract
penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahn rendahnya kemampuan pemecahan maalah dan aktiv nggunakan model pembelajaran koopertif tipe Think Pair Share berbasis PMRI. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana peningkatan kemampuan pemecahan masalah belajar siswa kelas VIIB dengan menggunakan model pemebelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbasis PMR anyak 59,61% , aspek mem mS itas belajar siswa kelas VIIB SMP N 2 Sampung. Hal ini disebabkan pembelajaran masih cenderung satu arah, yaitu berpusat pada guru. berdasarkan latar belakang terebut maka peneliti melakukan penelitian dengan me I?/ 2) bagaimana aktivitas siswa kelas VIIB dalam model pemebelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbasis PMRI? 3) bagaimana penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbasis PMRI pada siswa kelas VIIB ? penelitian ini bertujuan untuk meningkatakan kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar siswa menggunakan model pemebelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbasis PMRI Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakn di kelas VIIB SMP N 2 Sampung. Subjek penelitian ini adalah 24 siswa yang berlangsung selama dua siklus yang terdiri dari dua pertemuan. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah modle pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan pendekatan PMRI, sedangkan variable terikatnya yaitu kemampuan pemcahan masalah dan aktivitas belajara siswa. Teknik pengumplan data berupa wawancara, soal tes, daan lembar observasi. Hsil penelitian menunjukkan Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share berbasis PMRI dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan tiap siklusnya, yaitu sebagai berikut 1. Kemampuan pemecahan masalah siswa dari siklus I ke siklus II meningkat dari skor rata-rata 65,39% menjadi 76,92% pada kategori Baik dan Sangat baik.2 tercapainya aktivitas belajar siswa minimal 70% pada tiap aspeknya, yaitu pada silkus I aspek menjawab LKS yang diberikan guru secara mandiri memperoleh persentase seb bentuk kelo/mpok sesuai arahan guru 100% aktif dalam kelomp/ok 59,61%, mempresentasikan hasil dikusi sebanyak 50%, menjawab pertanyaan teman 50%, membeuat ringkasan materi yang telah dipelajari 67,3 %. Sedangka pada siklus II aspek menjawab LKS yang diberikn guru secraa mandiri memperoleh persentase 74,99%, aspek membentuk kelompok sesuai arahan guru 100% aktif dalam kelompok 74,99%, mempresentasikan hasil dikusi sebanayk 80,76%, menjawab pertanyaan teman 71,15%, membuat ringkasan materi yang telah dipelajari 80,76 %.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 30 Mar 2016 04:06 |
Last Modified: | 30 Mar 2016 04:06 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1805 |
Actions (login required)
View Item |