PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII F SMP NEGERI 1 SUKOREJO 2015 / 2016

RAHAYU, TOMI (2016) PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI HIMPUNAN DI KELAS VII F SMP NEGERI 1 SUKOREJO 2015 / 2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (586kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (204kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (206kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (113kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (113kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskrisikan cara meningkatkan minat belajar siswa terhadap pembelajaran matematika menggunakan metode inkuiri di kelas VII F SMP Negeri 1 Sukorejo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri Sukorejo yang berjumlah 21 siswa, dengan 10 siswa perempuan dan 11 siswa laki-laki. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2016 di SMP Negeri Sukorejo yang beralamat di Desa Gelanglor, Kecamatan Sukorejo. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdapat tiga pertemuan. Data hasil penelitian diperoleh dari angket minat belajar siswa dan lembar observasi minat belajar siswa.. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan metode inkuiri dapat meningkatkan minat belajar matematika kelas VII F di SMP Negeri 1 Sukorejo. Penerapan metode inkuiri dengan langkah-langkah, (1) Guru mengajukan pertanyaan atau permasalahan, (2) Merumuskan hipotsis, (3) Mengumpulkan data, (4) Analisis data, (5) Membuat kesimpulan. melalui metode inkuiri dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat belajar siswa. Hal ini terlihat dalam penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan penelitian yaitu nilai rata-rata yang meningkat dari siklus I (43.55) dan siklus II(48.49) sedangkan pada rata-rata nilai pra siklus adalah 43.89 penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran matematika dikatakan berhasil, dengan katagori minat belajar tinggi. Kata Kunci : minat belajar, pembelajaran matematika, metode inkuiri

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 31 Mar 2016 02:22
Last Modified: 31 Mar 2016 02:22
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1814

Actions (login required)

View Item View Item