PENERAPAN METODE PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI ALJABAR SISWA KELAS VIIIA SMPN 1 PUDAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016

WIDODO, BASUKI (2016) PENERAPAN METODE PROBLEM POSING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PADA MATERI ALJABAR SISWA KELAS VIIIA SMPN 1 PUDAK TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMDIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (936kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (245kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (355kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (497kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (541kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (220kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci : Aktivitas, Prestasi, Problem Posing Pembelajaran yang kurang menarik menyebabkan rendahnya aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIIA SMPN 1 Pudak, siswa kurang aktif dalam bertanya, menanggapi pertanyaan, mengemukakan pendapat dan pembelajaran yang masih berpusat pada guru dan metode pembelajaran yang digunakan juga masih kurang bervariasi, sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran matematika di dalam kelas. Faktor lain yang menyebabkan rendahnya prestasi belajar siswa adalah pada saat proses belajar mengajar guru kurang mengajak para siswa untuk saling bertanya jawab maupun berdiskusi. Untuk meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar pada penelitian ini akan diterapkan metode Problem Posing. Metode ini merupakan metode pembelajaran yang menitik beratkan pada aktivitas siswa untuk aktif bertanya. Dalam hal ini siswa dituntut untuk membuat soal sebanyak mungkin kemudian diselesaikan sendiri, mengemukakan pendapat, membuat soal dan menjawab soalnya sendiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan aktivitas dan prestasi belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran matematika pada materi aljabar melalui penerapan metode Problem Posing siswa kelas VIIIA SMPN 1 Pudak. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas VIIIA SMPN 1 Pudak yang terdiri dari 20 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, yaitu siklus I dilaksanakan dengan 2 kali pembelajaran dan satu kali tes akhir siklus, dan begitu juga dengan siklus II. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan cara observasi (aktivitas siswa selama proses pembelajaran), dan tes setiap akhir siklus. Hasil penelitian pada siklus I menunjukkan aktivitas belajar siswa sebesar 54%, sedangkan pada siklus II aktivitas belajar siswa meningkat menjadi (81%). Demikian juga dengan prestasi belajar siswa Pada siklus I rata-rata prestasi belajar siswa sebesar (45%), sedangkan pada siklus II prestasi belajar siswa meningkat menjadi (80%). Dari penelitian ini diperoleh simpulan bahwa dengan menzrapkan metode Problem Posing dapat meningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa kelas VIIIA SMPN 1 Pudak. Saran yang dapat diajukan adalah pembelajaran dengan menerapkan metode Problem Posing dapat menjadi pertimbangan guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 31 Mar 2016 02:50
Last Modified: 31 Mar 2016 02:50
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/1819

Actions (login required)

View Item View Item