Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan Ibu tentang perkembangan balita usia 1-5 tahun Di Posyandu Desa Paringan Wilayah Kerja Puskesmas Jenangan Ponorogo

Maratul Jannah, Masrinda (2016) Pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan Ibu tentang perkembangan balita usia 1-5 tahun Di Posyandu Desa Paringan Wilayah Kerja Puskesmas Jenangan Ponorogo. Skripsi thesis, Universitas Muhammdiyah ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-masrindama-493-1-abstrak-h.pdf

Download (880kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Pendidikan kesehatan tentang perkembangan balita perlu diberikan supaya ibu mengetahui bagaimana perkembangan anaknya dengan tepat sehingga tidak terjadi masalah keterlambatan perkembangan pada anak mereka di kemudian hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu tentang perkembangan balita usia 1-5 tahun. Desain yang digunakan adalah pra eksperimen dengan one group pre-post test design. Populasinya adalah seluruh ibu yang mempunyai balita usia 1-5 tahun di wilayah Posyandu Desa Paringan Jenangan Ponorogo sebanyak 128 ibu. Sampling menggunakan simple random sampling sebanyak 26 responden. Alat pengumpul data menggunakan kuisioner pada variable tingkat pengetahuan ibu tentang perkembangan balita usia 1-5 tahun dengan teknik analisa data menggunakan uji Wilcoxon dua arah dengan tingkat kesalahan 0,05. Hasil penelitian didapatkan sebagian besar (76,92%) responden memiliki pengetahuan kurang sebelum dilakukan pendidikan kesehatan. Setelah dilakukan pendidikan kesehatan didapatkan setengahnya atau (50,00%) responden memiliki pengetahuan cukup, hampersetengahnyaatau (34,62%) responden memiliki pengetahuan baik dan sebagian kecil atau (15,38%) responden masih memiliki pengetahuan kurang. Hasil uji statistik menunjukkan tidak ada pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan ibu tentang perkembangan balita usia 1-5 tahun di Posyandu Desa Paringan Jenangan Ponorogo, dengan T hitung 84,15. Hasil penelitian direkomendasikan kepada peneliti selanjutnya agar melakukan pengujian tentang pengaruh pendidikan kesehatan terhadap pengetahuan dan sikap selain tentang perkembangan balita pada populasi yang lebih luas sehingga sampel yang digunakan lebih representative dan reliable.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RG Midwifery
Divisions: Faculty of Health Sciences > Department of Midwifery
Depositing User: Editor FIK
Date Deposited: 07 Sep 2016 06:37
Last Modified: 07 Sep 2016 06:37
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2115

Actions (login required)

View Item View Item