PENGARUH PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VII SMP 2 KISMANTORO TAHUN 2012/2013

ISKANDAR, ISKANDAR (2014) PENGARUH PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP AKHLAK SISWA KELAS VII SMP 2 KISMANTORO TAHUN 2012/2013. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK & BAB I.pdf

Download (465kB) | Preview
[img] Text
BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (961kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Dalam perkembangannya istilah pendidikan berarti bimbingan atau pertolongan yang diberikan secara sengaja terhadap anak didik oleh orang dewasa agar anak didik menjadi dewasa, dalam perkembangan selanjutnya, pendidikan berarti usaha yang dijalankan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk mempengaruhi seseorang atau sekelompok orang agar menjadi dewasa atau mencapai tingkat hidup dan penghidupan yang lebih tinggi dalam arti mental. Dengan demikian pendidikan berarti, segala usaha orang dewasa dalam pergaulan dengan anak-anak untuk memimpin perkembanagan jasmani dan rohaninya kearah kedewasaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana prestasi belajar Pendidikan Agama Islam ? (2) Bagaimana akhlak siswa kelas VII ? (3) Bagaimana pengaruh prestasi belajar pendidikan agama Islam terhadap akhlak siswa di kelas VII SMPN 2 Kismantoro tahun 2013/2014 ? kemudian tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui prestasi belajar Pendidikan Agama Islam ? (2) Untuk mengetahui akhlak siswa Kelas VII ? (3) Untuk mengetahui pengaruh prestasi belajar pendidikan agama Islam terhadap akhlak siswa kelas VII SMPN 2 Kismantoro tahun 2013/2014? Dalam pembahasan penelitian ini, pada tahap pertama menggunakan analisa frekwensi kumulatif atas jawaban responden. Kemudian pada tahap berikutnya menggunakan metode analisa data dengan membandingkan antara variabel independent terhadap variabel dependen dengan menggunakan analisis korelasi product moment, hal ini untuk mengetahui seberapa kuat hubungan antara kedua variable tersebut. Hasil pembahasan atas tanggapan responden menunjukkan bahwa prestasi belajar Pendidikan Agama Islam yaitu 9 kategori baik sebanyak 4, nilai 8,5 sebanyak 1 dan yang nilainya 8 dengan kategori sedang sebanyak 15 serta yang nilainya 7,5 kategori kurang sebanyak 7 siswa Akhlak siswa SMP Negeri 2 Kismantoro dari tanggapan atas jawaban responden tentang akhlak siswa di sekolah menunjukkan hasil pilihan jawaban B, yaitu mencapai nilai 50 sampai dengan 75 %, sehingga secara umum siswa berperilaku baik di sekolah, meskipun tidak dilakukan secara rutin, kemudian apalagi dijumlahkan hasil jawaban responden menunjukkan pilihan jawaban A lebih besar dibandingkan dengan jawaban B (kadang-kadang). Kemudian jawaban responden atas akhlak siswa di rumah menunjukkan hasil pilihan jawaban B lebih besar yaitu mencapai nilai 46 % sampai dengan 81,41 %, sehingga secara umum siswa berperilaku baik di rumah dan di sekolah, meskpun tidak dilakukan secara rutin, akan tetapi apabila dijumlahkan seluruh jawabannya lebih mengarah pada pilihan jawaban B (kadang-kadang) lebih besar dibandingkan dengan Kata kunci: Pendidikan Agama Islam, Akhlak siswa

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 11 Apr 2014 04:38
Last Modified: 11 Apr 2014 04:38
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/212

Actions (login required)

View Item View Item