PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) SISWA KELAS IV SDN 2 PANDEAN DONGKO TRENGGALEK

KHISBULLOH MUTTAQIN, SHOFA (2013) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MATERI AKHLAK TERPUJI MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) SISWA KELAS IV SDN 2 PANDEAN DONGKO TRENGGALEK. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-shofakhisb-362-1-abstrak.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-shofakhisb-362-2-bab1.pdf

Download (329kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-shofakhisb-362-3-daftarp-a.pdf

Download (92kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

erdasarkan hasil interviu dengan guru PAI SDN 3 Pandean, diperoleh informasi tentang menurunya prestasi belajar siswa terhadap mata pelajaran PAI. Maka peneliti ini dimaksudkan mencoba membentuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ini. Peneliti mencoba menerapkan sebuah metode pembelajaran untuk mengetahui apakah terjadi peningkatan prestasi belajarsiswa, serta sikap siswa dalam mengikuti pembelajaran. Metode yang dipakai adalah examples non examples. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan november 2011 di SDN 3 Pandean dengan subjek penelitian adalah 18 siswa dari kelas IV. Penelitian tersebut dilaksanakan dengan 2 siklus. Proses pembelajaran berlangsung tertip dan lancar serta siswa menunjukkan keaktivan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adlah Penelitian Tindakan Kelas. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket, metode interviu, metode observasi, sedangkan data yang dikumpulkan adalah hasil opservasi aktivitas siswa, observasi pengelolaan pembelajaran, dan hasil angket. Ditambah data penduduk dari nilai tes uji kompetensi siswa. Berdasrkan hasil pengamatan motivasi belajar siswa, terdapat peningkatan, yakni pada siklus I sebanyak 71,43% siswa masuk katagori baik dan 7,14% siswa masuk kategori sangat baik, sedangkan siklus II sebanyak 35,71% siswa masuk kategiri baik dan 64,26% siswa masuk kategori sangat baik.hasil pengamatan terhadap kemampuan guru(peneliti) mengelola pembelajaran, pada siklus I dapat terlaksana dengan baik (74,17% kegiatan terlaksana), sedangkan pada siklus II meningkat menjadi sangat baik (80% kegiatan terlaksana). Minat siswa terhadap pelajaran meningkat sangat baik. Data pendukung lainnya adalah peningkatan hasil belajar siswa, 85,71% siswa pada siklus I dan 100% pada siklus II tuntas belajarnya (KKM :65). Hasil tersebut menunjukkan bahwa metode Examples Non Examples dapat membantu meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI Keyword : Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI), Metode” Examples Non Examples”.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BV Practical Theology
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 19 Sep 2016 07:32
Last Modified: 19 Sep 2016 07:32
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2188

Actions (login required)

View Item View Item