PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) DENGAN SETTING KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS AL FALAH BAOSAN LOR KECAMATAN NGRAYUNKABUPATEN PONOROGO

RIKAWATI, SRI (2012) PENERAPAN PENDEKATAN SAVI (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL) DENGAN SETTING KOOPERATIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTS AL FALAH BAOSAN LOR KECAMATAN NGRAYUNKABUPATEN PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
jkptumpo-gdl-sririkawat-149-1-abstrak-1.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Menurunnya semangat belajar siswa kelas VIII MTs Al FalahBaosanLor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo yang disebabkan ktidaktepatanmetodologis, juga berakar pada paradigma pendidikan konvensional yang selalu menggunakan metode pembelajaran yang tidak bervariasi, tanpa pernah diselingi berbagai metode yang menantang untuk berusaha. Hal ini menyebabkan siswa kelas VIII MTs Al FalahBaosanLor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo kurang berpartisipasi, kurang terlibat, dan tidak punya inisiatif secara intelektual maupun emosional dalam proses pembelajaran. Pendekatan pembelajaran yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan dalam proses pembelajaran tersebut adalah pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual). Pembelajaran ini adalah pembelajaran yang bersumber pada guru dan siswa. Guru dituntutkreatif dalam menyampaikan materi pembelajaran dan siswa dituntut aktif dan menguasai materi yang disampaikan oleh guru, karena guru memberikan banyak soal-soal latihan dan tugas yang sifatnya menuntun dan menggali pemahaman dan pengetahuan siswa. Penelitian ini dilaksanakan dengan alasan bahwa hasil belajar matematika siswa kelas VIII MTs Al FalahBaosanLor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo masih rendah. Hal ini disebabkan selama proses pembelajaran guru mendominasi dan siswa hanya mendengarkan penjelasan dari guru sehingga banyak siswa yang kurang memahami materi dan menemukan banyak masalah dalam menyelesaikan soal-soal matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII MTs Al FalahBaosanLor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo dengan penerapan pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual).Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas.Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Al FalahBaosanLor Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo Tahun Pelajaran 2011-2012 sebanyak 29 siswa. Data tentang hasil belajar siswa dikumpulkan melalui soal tes hasil belajar.Selanjutnya, data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada setiap siklusnya dengan rata-rata pada siklus I 64,83 kemudian meningkat menjadi 81,9 pada siklus II dengan persentase ketuntasan belajar siswa pada siklus II adalah 62,07% dan pada siklus II adalah 89,66%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Sep 2016 07:17
Last Modified: 27 Sep 2016 07:17
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2201

Actions (login required)

View Item View Item