EMILASARI, FITA (2015) UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS (THINK PAIR SHARE) DISERTAI REINFORCEMENT PADA SISWA KELAS VII C SMP NEGERI 1 KECAMATAN BUNGKAL TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
jkptumpo-gdl-fitaemilas-140-1-abstrak-1.pdf Download (555kB) | Preview |
Abstract
Penelitian dilatar belakangi oleh kondisi pembelajaran siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal tahun pelajaran 2011/2012, antara lain kegiatan pembelajaran matematika masih berpusat pada guru. Guru cenderung menggunakan metode ceramah sehingga siswa cenderung hanya mendengar dan mencatat. Jarang terjadi kegiatan diskusi/kerja kelompok sehingga aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika masih kurang. Prestasi belajar matematika siswa masih rendah. Motivasi belajar siswa dalam kegiatan pembelajaran matematika masih kurang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan prestasi belajar matematika pada materi pokok segitiga dan segiempat melalui pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) disertai reinforcement pada siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal tahun pelajaran 2011/2012. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dengan peneliti. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal sebanyak 31 siswa. Penelitian Tindakan Kelas dilakukan dua siklus dengan analisis deskriptif kualitatif masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi (pengamatan aktivitas siswa selama proses pembelajaran), tes setiap siklus (prestasi belajar), angket (mengetahui motivasi siswa selama proses pembelajaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata tes dan siswa tuntas meningkat setiap siklusnya yaitu nilai rata-rata tes siswa pada siklus I 77,42 meningkat menjadi 84,61 pada siklus II, peningkatan nilai rata-rata tes sebesar 7,19. Dan peningkatan persentase kenaikan banyak siswa yang tuntas pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 21 siswa dengan persentase 67,7%, sedangkan pada siklus II siswa yang tuntas sebanyak 29 siswa dengan persentase 93,5%. Peningkatan persentase siswa tuntas sebesar 25,8%. Dilihat dari adanya kenaikan ix persentase aktivitas siswa dalam pembelajaran, pada siklus I memperoleh persentase sebesar 67,7% meningkat menjadi 95% (sangat aktif) pada siklus II. Peningkatan persentase aktivitas siswa sebesar 27,5%. Dan dapat dilihat pada siklus I dan siklus II siswa yang termotivasi mengikuti kegiatan pembelajaran mengalami peningkatan, yang semula hanya hampir setengah siswa menjadi sebagian besar siswa yang termotivasi. Artinya sebagian besar siswa setuju terhadap pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) disertai reinforcement. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa melalui melalui pembelajaran kooperatif tipe TPS (Think Pair Share) disertai reinforcement dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas VII C SMP Negeri 1 Kecamatan Bungkal tahun pelajaran 2011/2012.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 27 Sep 2016 07:38 |
Last Modified: | 27 Sep 2016 07:38 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2208 |
Actions (login required)
View Item |