MENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM POKOK BAHASAN THAHARAH MATERI WUDLU MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS 1 SDN KEMUNING III TEGALOMBO PACITAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016

DWI ERNAWATI, TITIK (2016) MENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM POKOK BAHASAN THAHARAH MATERI WUDLU MELALUI METODE PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS 1 SDN KEMUNING III TEGALOMBO PACITAN TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (333kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (386kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (949kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (88kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (605kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

PembelajaranPendidikan Agama Islambertujuanuntukmembekalipesertadidik agar dapat mengetahui dan memahami pokok-pokokajaran Islam secara terperinci dan menyeluruh, baik berupa dalil naqli dan dalil aqli melaksanakan dan mengamalkan ketentuan hukum Islam dengan benar. Pembelajaran Agama Islam memerlukan suatu model pembelajaran yang mampumenciptakansuasana yang menarik dan meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satuupaya yang dapat dilakukan adalah dengan memilih model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk berkembang sesuai dengan keinginan dan kemampuan siswa salah satunya dengan memeberikan model pembelajaran Picture and Picture. Metode Picture and Picture adalah salah satu tipe atau pembelajaran kooperatif yang mudah diterapkan, melibatkan aktivitas seluruh siswa tanpa harus ada perbedaan status, melibatkan peran siswa sebagai tutor sebaya dan mengandung unsure permainan dan reinforcement. Adapuntujuan yang ingin diketahui dalam permasalahan ini adalahuntuk: (1). Menerapan metode picture and picture pada materi wudlu kelas 1 SD Negeri Kemuning III. (2) Mengetahui apakah dengan menggunakan metode picture and picture ini dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa 1 SD Negeri Kemuning III.(3) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan metode picture and picture pada materi wudlu pada kelas 1 SD Negeri Kemuning III. Untuk mengumpulkan data, penulis menggunakan beberapa metode, yaitu metode observasi, tes dan dokumentasi. Sedang dalam pengolahan data penulis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Hasil pembahasan bahwa penerapan metode picture and picture dapat meningkatkan hasil belajar materi wudhu siswa kelas 1 SDN Kemuning 3 Tegalombo Pacitan Tahun Pelajaran 2015/2016. Hasil ketuntasan belajar siswa selama dalam pembelajaran menunjukkan bahwa adanya peningkatan siswa yang tuntas dalam belajarnya. Pada pra siklus ada 4 siswa/25% yang mencapai kriteria ketuntasan minimal, pada siklus I yang mencapai kriteria ketuntasan minimal meningkat mejadi8 siswa/50%, dan pada siklus II meningkat sebanyak 16 siswa/100%. Dengan penerapan metode picture and pictureini semua siswa dinyatakan sudah tuntas dalam belajarnya.Dan hasil belajar siswa sebelum menggunakan metodepicture and picture mendapat nilai

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 14 Oct 2016 05:36
Last Modified: 14 Oct 2016 05:36
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2418

Actions (login required)

View Item View Item