PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN PLOSO 03 TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

PRAYITNO, ADI (2014) PENGARUH KREATIVITAS GURU TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SDN PLOSO 03 TEGALOMBO KABUPATEN PACITAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ABSTRAK & BAB 1.pdf

Download (1MB) | Preview
[img] Text
BAB II-V.pdf
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (1MB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Pendidikan mempunyai peran yang penting dalam menentukan perkembangan dan perwujudan diri individu. Pendidikan bertanggung jawab untuk mengembangkan bakat dan kemampuan secara optimal sehingga anak dapat mewujudkan dirinya dan berfungsi sepenuhnya sesuai kebutuhan pribadi dan masyarakat. Inti dari proses pendidikan secara formal adalah mengajar sedangkan inti dari proses pengajaran adalah siswa belajar. Oleh karena itu proses belajar mengajar pada intinya terpusat pada satu persoalan yaitu bagaimana guru melaksankan proses belajar mengajar yang efektif guna tercapainya suatu tujuan. Guru adalah semua orang yang berwenang dan bertanggung jawab untuk membimbing dan membina anak didik, baik secara individual maupun kelompok, di sekolah maupun di luar sekolah Rumusan masalah yang diajukan: (1) Bagaimana kreativitas guru di SDN Ploso 03 Tegalombo Pacitan? (2) Bagaimana prestasi belajar di SDN Ploso 03 Tegalombo Pacitan? (3) Bagaimana pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar PAI di SDN Ploso 03 Tegalombo Pacitan? Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Mengetahui kreativitas guru di SDN Ploso 03 Tegalombo Pacitan. (2) Mengetahui prestasi belajar di SDN Ploso 03 Tegalombo Pacitan. (3) Mengetahui pengaruh kreativitas guru terhadap prestasi belajar PAI di SDN Ploso 03 Tegalombo Pacitan Dalam rangka mengetahui permasalahan yang jelas penulis menggunakan metode observasi, interview, dokumentasi. Sedang dalam pengolahan data penulis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif. Dari hasil analisis data dilapangan dapat diperoleh temuan bahwa hasil penyebaran angket dan analisa data yang memperoleh skor rata-rata prestasi belajar siswa sebesar 55%. Yang mana prestasi belajar PAI siswa ini dipengaruhi oleh lingkungan sekolah, lingkungan keluarga, dan yang paling penting adalah minat dan semangat belajar dari diri siswa itu sendiri. Tingkat korelasi antara kreativitas guru pendidikan agama Islam dengan prestasi belajar PAI siswa di SDN Ploso 3 Tegalombo Pacitan kategori tinggi. Berdasarkan dari perhitungan angka korelasi ternyata antara variabel X dan Y bertanda positif yang berarti diantara kedua variabel tersebut terdapat korelasi positif. Dari r hasil sebesar 0,607 yang berkisar antara 0,600-0.800, berarti korelasi positif antara kedua variabel termasuk dalam kategori korelasi tinggi. Tetapi hasil dari uji signifikan korelasi bahwa “r” hitung 0.607, lebih besar dari “r” tabel 0,561 yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak dengan taraf signifikan 5% menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kreativitas guru pendidikan agama Islam terhadap prestasi belajar PAI siswa di SDN Ploso 3 Tegalombo Pacitan. ABSTRAK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 15 Apr 2014 03:16
Last Modified: 15 Apr 2014 03:16
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/242

Actions (login required)

View Item View Item