IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII DI MTS MA’ARIF BALONG PONOROGO

NOVIA WARDANI, VERRA (2016) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS VII DI MTS MA’ARIF BALONG PONOROGO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (201kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (232kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (328kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (579kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (184kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (189kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan komunikasi matematis siswa dan (2) mengetahui peningkatan komunikasi matematis siswa melalui model pembelajaran berbasis masalah di kelas VII di MTs. Ma’arif Balong Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas VII B MTs. Ma’arif Balong Ponorogo, tahun ajaran 2015/2016 yang terdiri dari 26 siswa. Teknik pengumpulan data yand digunakan adalah tes pada setiap akhir siklus untuk mengukur komunikasi matematis siswa dan observasi untuk mengamati keterlaksanaan kegiatan guru dan kegiatan siswa. Data dari hasil tes dan observasi dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi matematis siswa kelas VII B MTs. Ma’arif Balong Ponorogo mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II setelah dilaksanakan pembelajaran dengan model pembelajaran berbasis masalah. Hal ini ditunjukkan dengan persentase rata-rata nilai tes pada siklus I adalah 59% pada kategori cukup dan pada siklus II meningkat menjadi 80% pada kategori baik. Nilai rata-rata ini sudah mengalami peningkatan sesuai dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan. Berdasarkan hasil analisis lembar observasi pembelajaran melalui model pembelajaran berbasis masalah diperoleh persentase rata-rata keterlaksanaan kegiatan guru pada siklus I adalah 91% dan pada siklus II meningkat menjadi 99%. Sedangkan persentase rata-rata keterlaksanaan kegiatan siswa pada siklus I adalah 66% dan pada siklus II meningkat menjadi 84%. Sehingga keterlaksanan kegiatan guru dan kegiatan siswa sudah sesuai dengan indikator keberhasilan yang ditetapkan. Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Masalah, Komunikasi Matematis, Peningkatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 17 Nov 2016 02:57
Last Modified: 17 Nov 2016 02:57
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2695

Actions (login required)

View Item View Item