PENGARUH RASIO PROFITABILITAS TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2007-2014

Indah Permata Sari, Emilia Fransiska (2016) PENGARUH RASIO PROFITABILITAS TERHADAP PERTUMBUHAN LABA PADA PERUSAHAAN TELEKOMUNIKASI DI BURSA EFEK INDONESIA (BEI) PERIODE 2007-2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (737kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (162kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (176kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (192kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (544kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (137kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (354kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Seiring dengan semakin derasnya arus globalisasi, yang didalamnya dituntut adanya pertukaran informasi yang semakin cepat antar daerah dan negara, membuat peranan telekomunikasi menjadi sangat penting. Hal ini menjadikan industri telekomunikasi menjadi industri yang besar karena kebutuhan akan komunikasi semakin tinggi. Kondisi tersebut didukung dengan permintaan yang tinggi dari telekomunikasi yang telah menjadi kebutuhan atau gaya hidup. Hasil ini dapat dilihat dari hasil riset Sharing Vision, potensi pasar telekomunikasi kian meningkat tercermin dari hasil survei bahwa belanja komunikasi masyarakat saat ini berkisar 10-15 persen dari penghasilan per bulan. Jika merujuk data Badan Pusat Statistik pendapatan per kapita pada 2007 sebesar 1.946 dolar AS, dengan kurs Rp9.500 per dolar AS maka pendapatan rata-rata penduduk mencapai Rp18,5 juta per tahun. Dengan itu dapat dihitung bahwa belanja komunikasi masyarakat meliputi telepon tetap (kabel), telepon seluler, maupun internet bisa mencapai sekitar Rp2,7 juta per penduduk/tahun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh rasio profitabilitas (ROI, ROE, dan NPM) terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan telekomunikasi di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2014. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 6 perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan diambil sampel sebayak 5 perusahaan dengan teknik purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder berupa laporan keuangan tahunan perusahaan yang diperoleh dari situs resmi Bursa Efek Indonesia (www.idx.co.id). Untuk menguji hipotesis yang diajukan, peneliti menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan program SPSS 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel return on invesment (ROI) tidak berpengaruh signifikan pertumbuhan laba pada perusahaan telekomunikasi karena adanya ketidakstabilan dalam pendapatan dan pengelolaan aktiva yang tidak efektif dan efisien sehingga perusahaan tidak dapat tumbuh dengan laba yang ingin ditingkatkan. Variabel return on equity (ROE) tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan telekomunikasi karena kurangnya penambahan modal kerja untuk membiayai operasi perusahaan yang akhirnya menghasilkan laba yang rendah. Variabel net profit margin (NPM) tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan laba pada perusahaan telekomunikasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007-2014. Hal ini disebabkan karena tingkat efisiensi perusahaan dalam menekan biaya-biaya yang ada diperusahaan terlalu tinggi. Kata Kunci : Return On Invesment (ROI), Return On Equity (ROE), Net Profit Margin (NPM), Pertumbuhan laba

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Divisions: Faculty of Economic > Department of Accounting
Depositing User: Editor FE
Date Deposited: 30 Nov 2016 04:19
Last Modified: 30 Nov 2016 04:19
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2789

Actions (login required)

View Item View Item