Nuryanto, Sidik (2015) INTERNALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI DONGENG. Prosiding Seminar Nasional 2015 Revolusi pendidikan Karakter Bangsa.
|
Text
cover.pdf Download (150kB) | Preview |
|
|
Text
full paper ap3kni.pdf Download (213kB) | Preview |
Abstract
Pendidikan karakter keberadaannya saat ini masih diperlukan untuk menghasilkan generasi yang berkarakter kuat dan cerdas. Mengingat saat ini masih banyaknya kasus rendahnya moral yang selalu mengalami peningkatan. Penguatan pendidikan karakter sejak dini sebagai langkah yang tepat untuk dapat menanggulangi hal tersebut. Mereka yang berada pada masa keemasan sehingga jika pendidikan karakter sejak dini berhasil, maka ketika dewasa kelak nilai karakter dapat diimplementasikan dalam kehidupannya. Dongeng sebagai metode penyampaian nilai karakter yang relevan dengan anak usia dini. Mereka lebih suka berimajinasi dalam menerima perkembangan moralnya. Sehubungan dengan itu, maka artikel hasil penelitian kualitatif ini mengungkap tentang tahapan internalisasi nilai karakter beserta nilai yang dibiasakan pada anak di TK Lazuardi Kamila Surakarta. Hasilnya internalisasi dimulai dari mengenal nilai, merasakan nilai dan melakukan nilai. Adapun nilai karakter berupa nilai karakter islami yang berbasis makrifatullah dan nilai karakter panduan dari pemerintah. Kata Kunci: dongeng, pendidikan karakter, anak usia dini
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Proceeding |
Depositing User: | Library Umpo |
Date Deposited: | 19 Dec 2016 07:00 |
Last Modified: | 19 Dec 2016 07:00 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/2837 |
Actions (login required)
View Item |