PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA MATERI STATISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP MA’ARIF 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SARI, APRILIANA (2014) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE PADA MATERI STATISTIK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS IX SMP MA’ARIF 1 PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
artikel april PDF baru.pdf

Download (301kB) | Preview
[img] Text
bab 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (442kB)
[img]
Preview
Text
depan.pdf

Download (414kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Sari, Apriliana. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Pada Materi Statistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP SMP MA’ARIF 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: Dwi Avita Nurhidayah, M.Pd Kata Kunci :Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble, Hasil Belajar. Mayoritas siswa mengatakan bahwa matematika adalah suatu pelajaran yang menjenuhkan dengan alasan selalu menghitung dan memusingkan. Bahkan siswa merasa bosan menerima pelajaran matematika. Kebosanan itu dapat dilihat dari tingkah laku anak pada saat pelajaran matematika mereka selalu mengantuk atau mencari kesibukan lain pada jam pelajaran. Metode yang digunakan kurang bervariasi, menyebabkan minat belajar siswa menjadi sulit ditumbuhkan. Oleh karena itu, dibutuhkan ketekunan, keuletan, perhatian, dan tentunya minat yang tinggi untuk memahami materi pelajaran matematika. Selain itu, metode pembelajaran yang efektif akan membantu meningkatkan hasil belajar siswa.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Scramble lebih baik daripada pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen. Desain penelitian ini adalah True Eksperimental Design.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX SMP MA’ARIF 1 PONOROGO berjumlah 220 siswa. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen dengan cara random dan postest design. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi nilai UTS dan postes. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji t (Iindependent Sample t-test) dengan uji prasyarat normalitas dan homogenitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Scramble terhadap hasil belajar matematika siswa. Data diuji menggunakan pengujian hipotesis, uji yang dipakai uji t dimana

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 16 Apr 2014 03:36
Last Modified: 16 Apr 2014 03:36
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/286

Actions (login required)

View Item View Item