POLA BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KOMUNITAS (STUDI KASUS DI GUBUK AL-KAUTSAR DESA NGRECO PACITAN)

KATMINI, KATMINI (2017) POLA BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KOMUNITAS (STUDI KASUS DI GUBUK AL-KAUTSAR DESA NGRECO PACITAN). Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab I.pdf

Download (27kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (19kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (89kB)
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN LENGKAP.pdf

Download (426kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Katmini. 2017. Pola Belajar Pendidikan Agama Islam Berbasis Komunitas (Studi Kasus Di Gubuk Al-Kautsar Desa Ngreco Pacitan) Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing: (I) Dr. Nurul Iman, LC. M. H. I (II) Katni, M. Pd. I Pembelajaran dengan pola berbasis komunitas merupakan salah satu bentuk pola pembelajaran kepada siswa dengan bertujuan siswa dapat belajar serta menerima materi pelajaran yang diberikan oleh guru dengan baik. Pembelajaran bukan hanya di dalam kelas saja namun pendidikan di masyarakat atau komunitas juga dapat sebagai alat pembelajaran sehingga siswa dapat berpraktek lang ditenggah-tengah masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sekaligus membahas bagaimana pola belajar pendidikan Agama Islam berbasis komunitas di Gubuk Al-Kautsar Desa Ngreco Kecamatan Tegalombo Kabupaten Pacitan, bagaimana penerapanya dan mengetahui tentang kendala yang dihadapi dalam belajar pendidikan agama Islam berbasis komunitas. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode antara lain: wawancara, dokumentasi, dan obsevasi. Hasil dari pengumpulan data tersebut kemudian di analisa yang dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus pada setiap tahapan penelitian sehingga sampai tuntas dan datanya sampai penuh. Aktifitas dalam analisis data meliputi data reducation, data display, dan concluvison. Dari penelitian yang peneliti lakukan di Gubuk Al-Kautsar Desa Ngreco dapat disimpulkan bahwa: Pola belajar berbasis komunitas pada Pendidikan Agama Islam dengan cara memberikan materi pelajaran yang bersifat permasalahan dan santri memecahkan masalah tersebut dengan pendampingan ustadz atau yang disebut active learning dan praktik langsung Contextual Teaching Learning atau didalam masyarakat. Kemudian bentuk penerapanya, a). Melakukan pembiasaan yang baik b). Pembelajaran didalam kelas selain bertatap muka untuk membangun kedekatan antara ustadz dengan santri, c). Pembelajaran di luar ruang yaitu dengan menekankan kepada santri untuk lebih dekat dengan kenyataan yang ada, d). Pembelajaran di lingkungan santri dapat belajar langsung dengan orang-orang terdekat dengan mereka contohnya beretikat baik dengan sesama, berbiacara dengan sopan, membantu sesama dan lain sebagainya. Sedangkan Kendalanya adalah, a). Biaya dan waktu yang kurang memadai, b). Professional seorang ustadz juga dapat mempengaruhi tingkat kepahaman santri, c). Semangat yang kurang dari santri, d). Partisipasi orang tua yang kurang mendukung, e). Lingkungan yang kurang mendukung. Kata Kunci: Pola Belajar, Pendidikan Agama Islam, Berbasis Komunitas

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BC Logic
B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 04 Jul 2017 01:27
Last Modified: 04 Jul 2017 01:40
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3066

Actions (login required)

View Item View Item