UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAUMAN

MELAWATI, ANGGELA (2017) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN STRATEGI THINK TALK WRITE (TTW) PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KAUMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (108kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II.pdf

Download (280kB) | Preview
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (419kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (432kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (39kB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil pembelajaran dikelas didapat bahwa siswa kesulitan dalam menyelesaikan permasalahan matematika yang berbeda tetapi dalam satu konsep yang sama. Dapat dikatakan bahwa siswa belum mampu mengembangkan pengetahuan mereka sendiri tentang konsep yang telah mereka pelajari. Hal ini disebabkan karena siswa tidak memperhatikan ketika guru menerangkan sehingga siswa tidak bisa mengungkapkan kembali pengetahuan yang mereka peroleh. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kauman. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kauman yang berjumlah 31 siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru, siswa, peneliti. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep dan observasi. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal tes pemahaman konsep dan lembar observasi pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII F SMP Negeri 2 Kauman melalui pembelajaran matematika dengan strategi pembelajaran think talk write dapat disimpulkan pemahaman konsep siswa meningkat. Pada siklus 1 hasil tes pemahaman konsep matematika menunjukkan dalam kriteria baik. Namun pada indikator keberhasilannya sangat baik. Sehingga harus dilanjutnya pada siklus 2. Dan pada siklus 2 menunjukkan hasil tes pemahaman konsep matematika menunjukkan kriteria sangat baik sehingga sudah tercapai dengan indikator keberhasilannya. Dari siklus 1 ke siklus 2 sudah mengalami peningkatan. Hasil observasi pembelajaran dapat disimpulkan bahwa siswa memberikan respon yang positif terhadap pembelajaran dengan menggunakan strategi pembelajaran think talk write. Pada siklus 1 sudah termasuk dalam kriteria baik namun lebih dimaksimalkan lagi aktifitas pembelajaran pada siklus 2. Dan pada siklus 2 sudah menunjukkan kriteria baik dengan aktifitas pembelajaran lebih maksimal. Kata Kunci:Strategi Think Talk Write, pemahaman konsep matematika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 11 Jul 2017 04:43
Last Modified: 11 Jul 2017 04:43
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3095

Actions (login required)

View Item View Item