ALBAR, RAHMAD (2017) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII SMP/MTs PADA MATERI ARITMATIKA SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (587kB) | Preview |
|
|
Text
BAB 1.pdf Download (392kB) | Preview |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
||
Text
BAB 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
||
Text
BAB 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
BAB 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (218kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (221kB) | Preview |
|
|
Text
LAPIRAN.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah tidak tersedianya bahan ajar yang dapat dipelajari oleh siswa secara mandiri. Hal ini disebabkan karena sekolah tidak mempunyai buku yang dapat dipinjam oleh siswa, sedangkan pihak guru belum ada yang mencoba untuk membuat bahan ajar. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan modul aritmatika sosial untuk mengatasi kesulitan siswa dalam mencari bahan ajar yang dapat digunakan secara mandiri. Prosedur penelitian mengacu pada model pengembangan Sugiyono, namun langkah yang dilakukan hanya sampai pada uji coba terbatas saja karena keterbatasan waktu dan biaya. Langkah yang dilakukan dalam penelitian ini diantaranya adalah (1). Potensi dan masalah (2). Pengumpulan data (3). Desain produk (4). Validasi desain (5). Revisi desain (6). Uji coba produk (7). Revisi produk. Subjek dari penelitian ini adalah 10 siswa dari MTs Hasanuddin Poncol Magetan. Penelitian ini menghasilkan modul matematika pada materi aritmatika sosial menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1). Aspek kelayakan isi mencapai kriteria sangat valid dengan persentase 85,22%, aspek kelayakan penyajian mencapai kriteria sangat valid dengan persentase 89,72%, aspek kelayakan bahasa mencapai kriteria valid dengan persentase 78,75%, aspek evaluasi modul mencapai kriteria sangat valid dengan persentase 87,50%, aspek penilaian realistik mencapai kriteria sangat valid dengan persentase 83,92%, dan aspek kelayakan grafik mencapai kriteria valid dengan persentase 75%. (2). Persentase hasil post tes siswa yang mendapat nilai diatas KKM sebesar 60%, sehingga dapat dikatakan modul tersebut efektif untuk digunakan. (3). Persentase hasil angket respon peserta didik terhadap modul dari segi ketertarikan mencapai 97,5%, dari segi materi mencapai 96,25%, dan dari segi bahasa mencapai 100%. Hal ini menunjukkan bahwa siswa memberikan tanggapan yang positif terhadap modul yang dikembangkan. Kata kunci: Modul, Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia, Aritmatika Sosial
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 12 Jul 2017 02:50 |
Last Modified: | 12 Jul 2017 02:50 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3101 |
Actions (login required)
View Item |