ANARISKA, FEBBY (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATERI ARITMATIKA SOSIAL BERDASARKAN NEWMAN PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 PONOROGO. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.
|
Text
1.HALAMAN DEPAN.pdf Download (638kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (121kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (331kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (215kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (524kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (53kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (55kB) | Preview |
|
|
Text
LAMPIRAN.pdf Download (1MB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan masalah soal cerita berdasarkan Newman, (2) mendeskripsikan faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaiakan soal cerita berdasarkan Newman pada siswa kelas VII SMP N 2 Ponorogo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian diambil 7 dari 30 siswa kelas VII SMP N 2 Ponorogo. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes dan wawancara sedangkan instrument yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah instrumen tes dan wawancara. Uji keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi. Diperoleh simpulan, jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa adalah kesalahan memahami masalah, kesalahan transformasi, dan kesalahan keterampilan proses. Sedangkan untuk jenis kesalahan membaca dan penulisan jawaban tidak ada satupun dari siswa yang melakukan kesalahan tersebut. Faktor penyebab kesalahan memahami masalah adalah siswa belum bisa memahami semua informasi yang terdapat dalam soal dengan baik, bingung dengan masalah dalam soal, serta tidak dapat mencermati perintah dalam soal dengan baik. Serta salah ketika menuliskan apa yang diketahui dalam soal. Faktor penyebab kesalahan transformasi adalah siswa lupa dan tidak tahu pendekatan atau cara yang digunakan untuk menyelesaikan soal tersebut. siswa kurang memahami materi aritmetika sosial dengan baik. sedangkan faktor penyebab kesalahan keterampilan proses adalah siswa kurang teliti dalam melakukan operasi hitung, tergesa-gesa dalam mengerjakan soal, serta kurang bisa membagi waktu dalam mengerjakan soal. Sehingga hasil yang diperoleh tidak sesuai dengan apa yang diinginkan oleh soal. Kata Kunci: Analisis kesalahan,soal cerita, aritmatika sosial, prosedur Newman.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 26 Sep 2017 03:11 |
Last Modified: | 26 Sep 2017 03:11 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3464 |
Actions (login required)
View Item |