PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 2 BADEGAN

NURCAHYO, DENY (2017) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP N 2 BADEGAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB 1.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (469kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (368kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (302kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (268kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://library.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Badegan Ponorogo. Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika dapat diketahui dari proses pembelajaran dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah serta dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Penelitian ini dilaksanakan dalam tiga pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII E SMP N 2 Badegan yang terdiri dari 24 siswa. Objek dalam penelitian ini adalah seluruh proses pembelajaran dan hasil tes matematika. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari perangkat pembelajaran dan soal tes. Hasil penelitian menunjukkan nilai (2-tailed) sebesar 0,013 dengan taraf signifikansi α = 0,05 sehingga nilai signifikansi dibawah nilai α (Sig (2-tailed) < 0,05). Perhitungan tersebut menunjukan ada perbedaan hasil tes kemampuan pemecahan masalah antara Kelas VIII C (kontrol) dan Kelas VIII E (Eksperimen). Hal ini menujukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis masalah (PBM) berpengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas VIII E SMP Negeri 2 Badegan tahun pelajaran 2016/2017 Kata kunci : JIGSAW, Pendekatan PBM, Kemampuan Pemecahan Masalah

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 27 Sep 2017 04:07
Last Modified: 27 Sep 2017 04:07
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3514

Actions (login required)

View Item View Item