PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs. AL-AKBAR SENEPO SLAHUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018

TRISNAWATI, INA (2017) PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN THINK TALK WRITE (TTW) UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA KELAS VIII MTs. AL-AKBAR SENEPO SLAHUNG PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
A HALAMAN DEPAN.pdf

Download (786kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (272kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (400kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (360kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (219kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB) | Preview
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) yang dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII MTs. Al-Akbar Senepo Slahung Ponorogo. Pokok bahasan yang digunakan untuk penelitian ini adalah operasi hitung pada bentuk aljabar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan secara kolaboratif antara guru dan peneliti. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Setiap siklus disesuaikan dengan penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas VIII MTs Al Akbar Senepo Slahung Ponorogo tahun ajaran 2017/2018 yang berjumlah 25 siswa dengan siswa laki-laki 15 siswa dan permpuan 10 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi. Analisis data menggunakan lembar observasi keaktifan siswa dengan melihat aspek pengamatan keaktifan siswa. Hasil penelitian dari penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keaktifan siswa. Hasil analisis keaktifan siswa pada siklus 1 diperoleh persentase keaktifan rata-rata siswa adalahdengan hasil tersebut dikatakan dalam kategori cukup aktif, keaktifan siswa belum memenuhi kriteria indikator keaktifan. Hasil analisis keaktifan siswa siklus 2 mengalami peningkatan sebesar 10% yakni persentase keaktifan siswa mencapai dengan demikian presentase sudah memenuhi indikator keaktifan yaitu masuk kategori aktif pada table kriteria keaktifan siswa, dikatakan aktif atau sangat aktif jika memenuhi indikator keaktifan lebih dari 70%. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pembelajaran Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa di MTs. Al-Akbar Senepo Slahung Ponorogo. Kata Kunci:Keaktifan, Strategi Pembelajaran Think Talk Write

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 05 Oct 2017 03:53
Last Modified: 05 Oct 2017 03:53
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3573

Actions (login required)

View Item View Item