PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA TUNANETRA (Studi Kasus Pola Pendidikan di SLB-A’Aisyiyah Ponorogo)

FIANA, WIWIK (2017) PERAN GURU DALAM MENUMBUHKAN RASA PERCAYA DIRI PADA SISWA TUNANETRA (Studi Kasus Pola Pendidikan di SLB-A’Aisyiyah Ponorogo). Skripsi thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PONOROGO.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (341kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (830kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (406kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (148kB) | Preview
[img]
Preview
Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB) | Preview
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui bagaimana peran guru dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa tuanetra; 2) Mengetahui bagaimana dampak positif yang dirasakan siswa terhadap peran guru dalam menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa tunanetra. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pengambilan sumber data yang digunakan berupa 1) data primer; 2) data sekunder dan adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah 1) Observasi; 2) Wawancara; 3) dokumentasi. Analisi data yang digunakan berupa reduksi data, penyajian data, verifikasi. Hasil dari penelitian ini yaitu 1) Sekolah menyediakan guru sesuai dengan kebutuhan siswa. Guru memahami bagaimana kondisi dan karakter siswa dengan melihat bakat dan minat siswa. Guru menumbuhkan rasa percaya diri pada siswa sesuai dengan karakter dan potensi yang dimiliki siswa. Guru menamankan kepada siswa untuk selalu berani; 2) Dampak yang dirasakan siswa. Siswa merasa lebih percaya diri dan berani. Siswa dapat memenuhi kebutuhannya melakukan kegiatan sehari-hari secara mandiri. Siswa dapat berkominukasi dan berinteraksi dengan lingkungan sekitar dan siswa dapat mengembangkan potensi yang dimilikinya. Kata Kunci : Peran Guru, Percaya Diri, Siswa Tunanetra

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Civic Education
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 10 Oct 2017 03:01
Last Modified: 10 Oct 2017 03:01
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3618

Actions (login required)

View Item View Item