PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA KARTON WARNA PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (Numbers Head Together) PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PULUNG

PUSPITA MOKODOMPIS, ANITA IKA (2014) PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA KARTON WARNA PADA MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (Numbers Head Together) PADA MATERI OPERASI BILANGAN BULAT TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 2 PULUNG. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN SAMPUL.pdf

Download (472kB) | Preview
[img] Text
BAB 1-5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (846kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Mokodompis, Anita Ika Puspita. 2013. Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Karton Warna pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbers Head Together) pada Materi Operasi Bilangan Bulat terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas VII di SMP Negeri 2 Pulung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, FKIP, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing Mashuri, M.Sc. Kata Kunci: Alat Peraga Karton Warna, Model Pembelajaran NHT, Prestasi Belajar Matematika. Bagi siswa matematika adalah mata pelajaran yang sangat membosankan, sehingga terkadang siswa tidak menyukai pelajaran matematika dan malas untuk mendalami pelajaran matematika. Kurangnya mengemukakan pendapat dan bertanya sehingga berdampak pada kurangnya pemahaman materi. Ini disebabkan karena kurang efektifnya model pembelajaran yang dilakukan. Ada beberapa model pembelajaran kooperatif yang mampu membuat suasana belajar siswa menjadi tidak jenuh sehingga siswa mampu berkreasi dan berani untuk mengemukakan pendapatnya. Salah satu model pembelajaran kooperatif yaitu model pembelajaran tipe NHT (Number Heads Together). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan model pembelajaran NHT menggunakan alat peraga karton warna lebih baik daripada model pembelajaran NHT tanpa alat peraga karton warna. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen (penelitian kuantitatif). Hasil analisis yang diperoleh dari pengujian kelas eksperimen dan kelas kontrol secara keseluruan yaitu nilai t-tes dengan tobs = 1,7917. Dengan taraf signifikansi 0,05 diperoleh ttabel = 1,6735. Sehingga tobs > ttabel yang berarti H0 ditolak dan mengakibatkan hipotesis penelitian diterima. Kesimpulan dari penelitian ini adalah prestasi belajar matematika siswa yang diajar dengan menggunakan alat peraga karton warna pada model pembelajaran NHT lebih baik daripada yang diajar dengan tanpa alat peraga karton warna pada model pembelajaran NHT pada kelas VII SMP Negeri 2 Pulung. Dari hasil analisis diperoleh tiga hipotesis yang diterima dan satu hipotesis yang ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 22 Apr 2014 02:03
Last Modified: 22 Apr 2014 02:03
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/380

Actions (login required)

View Item View Item