PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI PADA SISWA KELAS VIII MTs WALI SONGO NGABAR SIMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

UMI NAFISAH, SITI (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT (NUMBERED HEAD TOGETHER) UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PADA POKOK BAHASAN RELASI DAN FUNGSI PADA SISWA KELAS VIII MTs WALI SONGO NGABAR SIMAN PONOROGO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
COVER.pdf

Download (638kB) | Preview
[img] Text
BAB I - V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (563kB) | Preview
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Pada dasarnya proses pembelajarandi kelas VIII masih didominasi oleh guru sehingga siswa tidak aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, dan siswa kurang memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru karena siswa asyik mengobrol dengan temannya serta hanya sebagian siswa mengerjakan tugas yang diberikan oleh guru, sedangkan siswa yang lain hanya menunggu jawaban dari temannya. Hal ini berpengaruh pada rendahnya prestasi pelajaran matematika dibawah nilai KKM. Tujuan dari penelitian ini untuk meningkatkan aktivitas siswa belajar matematika, meningkatkan prestasi belajar, dan respon siswa lebih aktifseperti yang ada di MTs Wali Songo Ngabar Siman Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014 melalui penerapan Model Pembelajaran NHT (Numbered Head Together). Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam II siklus yang terdiri tahap perencanaan, tindakan, observasi, serta refleksi. Dalam penelitian ini siswa dilatih untuk aktif dalam proses pembelajaran di kelas. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa MTs Wali Songoyang berjumlahsebanyak 23 siswa. Hasil analisis penelitian menunjukkan bahwa presentase ketuntasan secara klasikal dari siklus I ke siklus II diperoleh 69,56% menjadi86,95%, sehingga presentase ketuntasan meningkat 17,39%. Presentase aktivitas belajar siswa dari siklus I ke II diperoleh 57,24% menjadi 71,01%, sehingga presentase aktivitas siswa meningkat 13,77%. Sedangkan presentase respon siswa dari siklus I ke siklus II diperoleh 78,26% menjadi 84,78%, sehingga presentase respon siswa meningkat 6,52%. Kata Kunci : Numbered Head Together, Prestasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 22 Apr 2014 02:07
Last Modified: 22 Apr 2014 02:07
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/381

Actions (login required)

View Item View Item