ANALISIS PARTISIPASI SISWA DAN FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI SISWA DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL MAKE A MATCH

HANDAYANI, LINDA TRI (2018) ANALISIS PARTISIPASI SISWA DAN FAKTOR DOMINAN YANG MEMPENGARUHI PARTISIPASI SISWA DALAM PENERAPAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA MODEL MAKE A MATCH. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (632kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I.pdf

Download (221kB) | Preview
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (231kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (353kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (214kB)
[img]
Preview
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan partisipasi siswa dalam penerapan pembelajaran matematika model make a match, (2) mendeskripsikan faktor-faktor dominan yang mempengaruhi partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika, dan (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan pembelajaran matematika model make a match. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif yang bersifat deskriptif dengan populasi mencakup seluruh siswa kelas VII SMPN 5 Ponorogo. Subjek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII F. Selanjutnya, kelas subyek diterapkan pembelajaran matematika model make a match sebanyak empat pertemuan pembelajaran pada materi bilangan bulat dan pecahan. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi angket respon siswa terhadap penerapan model make a match, lembar observasi, dan pedoman wawancara untuk guru dan siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yaitu menelaah seluruh data yang diperoleh, membuat klasifikasi berdasarkan hasil lembar observasi dan angket, mendeskripsikan data hasil wawancara, observasi dan angket, kemudian melakukan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata partisipasi siswa mengalami peningkatan secara bertahap dan adanya peningkatan pada tiga indikator partisipasi yang diambil pada empat kali penerapan pembelajaran matematika model make a match. Penerapan pembelajaran matematika model make a match memiliki pengaruh terhadap partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika. Faktor utama yang mempengaruhi partisipasi siswa secara internal adalah motivasi siswa dalam belajar. Secara eksternal, cara guru menyampaikan materi, penggunaan media, termasuk model pembelajaran yang dipakai adalah faktor utama yang mempengaruhi partisipasi siswa dalam pembelajaran matematika. Siswa memberikan respon baik terhadap penerapan pembelajaran matematika model make a match. Siswa beranggapan melalui penerapan pembelajaran matematika model make a match aktivitas siswa dalam pembelajaran dapat meningkat, suasana belajar lebih menyenangkan, dan dapat melatih kedisiplinan siswa. Kata Kunci: Partisipasi, Faktor Dominan, Model Make A Match

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 19 Apr 2018 05:36
Last Modified: 19 Apr 2018 05:36
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3891

Actions (login required)

View Item View Item