ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KEBONSARI BERDASARKAN MINAT BELAJAR

WIJAYANTI, TUTUT NUNING (2018) ANALISIS PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KEBONSARI BERDASARKAN MINAT BELAJAR. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img]
Preview
Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (645kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2. bab 1 watermark.pdf

Download (189kB) | Preview
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (314kB)
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (434kB)
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (589kB)
[img] Text
6. BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (142kB)
[img]
Preview
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (203kB) | Preview
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep yang dimiliki oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kebonsari berdasarkan minat belajar yang dimiliki siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sampel seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kebonsari. Teknik dalam penelitian ini adalah tes dan non tes, sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi angket minat belajar siswa, soal tes pemahaman konsep, serta wawancara yang dilakukan terhadap guru mata pelajaran matematika dan beberapa siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kebonsari. Teknik analisis data untuk melihat pemahaman konsep yang dimiliki oleh siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kebonsari berdasarkan minat belajarnya adalah dengan mengelompokkan siswa dengan masing-masing pemahaman konsep sesuai dengan minat yang dimiliki. Hasil penelitian pada minat belajar siswa menunjukkan bahwa pada kategori pemahaman konsep sangat kuat jumlah persentase siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih banyak dibandingkan dengan jumlah siswa yang memiliki minat belajar rendah. Untuk kategori pemahaman konsep kuat jumlah persentase siswa yang memiliki minat belajar tinggi juga lebih banyak dibandingkan dengan jumlah persentase siswa yang memiliki minat belajar rendah. Sedangkan dalam kategori pemahaman konsep lemah jumlah persentase siswa yang memiliki minat belajar tinggi lebih sedikit atau setengah dari jumlah persentase siswa yang memiliki minat belajar rendah. Dari hasil penelitian ini mayoritas siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kebonsari memiliki minat belajar tinggi. Kata Kunci:Minat Belajar Siswa, Pemahaman Konsep Siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 19 Apr 2018 14:00
Last Modified: 19 Apr 2018 14:00
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3897

Actions (login required)

View Item View Item