AMINI, YULIANA NUR (2018) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep dan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining Pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI IPA 5 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
|
Text
HALAMAN DEPAN.pdf Download (714kB) | Preview |
|
|
Text
BAB I.pdf Download (380kB) | Preview |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (427kB) |
||
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (482kB) |
||
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (224kB) |
||
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (98kB) |
||
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (333kB) | Preview |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Berdasarkan studi pendahuluan diperoleh hasil bahwa pemahaman konsep siswa masih rendah. Hal tersebut terlihat dari kesalahan siswa pada saat menentukan prosedur yang sesuai dengan jenis soalnya. Selain itu, berdasarkan observasi dan wawancara guru, aktivitas siswa juga masih kurang. Dari permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran Student Facilitator and Explaining yang dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa. (2)untuk meningkatkan aktivitas siswa saat pembelajaran. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang berlangsung selama 2 siklus. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 5 SMA Muhammadiyah 1 Ponorogo dengan jumlah 30 siswa yang terdiri dari 23 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Pengumpulan hasil tes kemampuan pemahaman konsep dan observasi aktivitas siswa setiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep dan aktivitas siswa setelah menggunakan model pembelajaran Students Facilitator and Explaining. Presentase kemampuan pemahaman konsep siswa pada siklus I yaitu sebesar 56,67 % pada siklus II sebesar 83,33 %. Kemampuan pemahaman konsep mengalami peningkatan setelah diberi tindakan. Untuk aktivitas siswa pada siklus I sebesar 70,00 % dan pada siklus II sebesar 86,67%. Aktivitas siswa juga mengalami peningkatan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dapat digunakan untuk meningkatkan kamampuan pemahaman konsep siswa dan juga aktivitas siswa. Kata Kunci: Student Facilitator and Explaining, Pemahaman Konsep, Aktivitas
Item Type: | Thesis (Skripsi (S1)) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 19 Apr 2018 14:20 |
Last Modified: | 19 Apr 2018 14:20 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/3901 |
Actions (login required)
View Item |