PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII B SMP NEGERI 3 PONOROGO

ANDRY, SAFITRI (2018) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII B SMP NEGERI 3 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (669kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (406kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (442kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (662kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (337kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (427kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk meningkatkan pemahaman konsep matematika dan motivasi belajar peserta didik, (2) mendeskripsikan hasil peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 3 Ponorogo melalui model pembelajaran kooperatif tipe think pair share. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan sumber data mencakup seluruh peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 3 Ponorogo yang terdiri dari 30 peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah tes dan non-tes. Sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes kemampuan pemahaman konsep, lembar observasi motivasi belajar, lembar kegiatan guru, rencana pelaksanaan pembelajaran dan lembar kerja siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif yaitu dengan skor rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran dengan menggunakan model kooperatif tipe think pair share mampu meningkatkan: (1) proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siklus I masih termasuk kategori sedang, sedangkan pada siklus II telah masuk dalam kategori sangat baik; (2)indikator kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik siklus I pada indikator 2 masih tergolong kurang dan indikator 5 termasuk dalam kategori cukup. Sedangkan pada siklus II seluruh indikator pemahaman konsep matematika telah mencapai kategori sangat baik; (3) motivasi belajar peserta didik pada siklus I memperoleh skor sebesar 51,60% termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan pada siklus II, skor persentase motivasi belajar peserta didik mencapai 67,75% termasuk dalam kategori tinggi. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penelitian dengan model pembelajaraan kooperatif tipe think pair share mampu meningkatkan pemahaman konsep matematika dan motivasi belajar peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 3 Ponorogo. Kata kunci: Model Cooperative Learning tipeThink Pair Share, Pemahaman Konsep Matematika, Motivasi Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 08 Oct 2018 04:07
Last Modified: 08 Oct 2018 04:07
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4282

Actions (login required)

View Item View Item