PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN DESAIN BELAJAR ELPSA (EXPERIENCES, LANGUAGE, PICTURES, SYMBOLS AND APPLICATION) UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTs

ANIK, NUR RAHMAWATI (2018) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR MENGGUNAKAN DESAIN BELAJAR ELPSA (EXPERIENCES, LANGUAGE, PICTURES, SYMBOLS AND APPLICATION) UNTUK SISWA KELAS VIII SMP/MTs. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (570kB)
[img] Text
BAB SATU.pdf

Download (216kB)
[img] Text
BAB DUA.pdf

Download (611kB)
[img] Text
BAB TIGA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (385kB)
[img] Text
BAB EMPAT.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (992kB)
[img] Text
BAB LIMA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (136kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (260kB)
[img] Text
DAFTAR LAMPIRAN.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesulitan belajar siswa dikarenakan kurangnya bahan ajar yang menunjang penanaman konsep materi matematika dan cara belajar siswa yang bersifat hafalan sehingga konsep pada materi ini mengambang, maka diperlukan pengembangan bahan ajar baru yaitu modul. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan modul matematika menggunakan desain belajar ELPSA pada materi volume bangun ruang sisi datar yang valid, praktis dan efektif digunakan sebagai salah satu bahan ajar matematika kelas VIII SMP/ MTs. Model pengembangan yang digunakan menurut Sugiyono yang terdiri dari 10 langkah. Langkah-langkah tersebut meliputi: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, ujicoba produk, revisi produk, ujicoba pemakaian, revisi produk, dan produksi massal. Karena keterbatasan waktu, tenaga, dan biaya, maka penelitian dilakukan sampai pada tahap ujicoba produk (ujicoba terbatas). Setelah divalidasi oleh dua dosen pendidikan matematika dan satu guru matematika, menunjukkan bahwa persentase validasi adalah 81,4% sehingga modul dapat dinyatakan valid, kemudian hasil respon siswa dengan skor total 95,1% sehingga modul dapat dikatakan praktis. Hasil tes akhir siswa menunjukkan ketuntasan belajar mencapai 80% dapat dinyatakan bahwa modul yang dikembangkan efektif. Kata kunci: Modul, bangun ruang sisi datar, ELPSA, kevalidan

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 08 Oct 2018 04:12
Last Modified: 08 Oct 2018 04:12
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4283

Actions (login required)

View Item View Item