MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS IX C SMPN 4 PONOROGO

Rabin, Indra Permana (2018) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW PADA SISWA KELAS IX C SMPN 4 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (262kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (496kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (281kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (463kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (152kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran jigsaw yang efektif dalam rangka meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dan (2) mendeskripsikan peningkatan kemampuan komunikasi matematis siswa. Dari hasil observasi dan pre test diperoleh bahwa kemampuan komunikasi matematis lisan dan tulis siswa masing-masing berada dalam kategori kurang dan rendah. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian yang diambil adalah siswa kelas IX C SMPN 4 Ponorogo. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen post test, lembar observasi dan catatan lapangan. Teknik analisis data yang digunakan untuk menganalisa aktivitas pembelajaran dengan menggunakan rata-rata persentase skor hasil observasi pembelajaran. Untuk menganalisa kemampuan komunikasi matematis lisan siswa menggunakan rata-rata persentase skor hasil observasi komunikasi matematis lisan. Sedangkan untuk menganalisa kemampuan komunikasi matematis tulis siswa menggunakan rata-rata persentase skor hasil post test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa. Dalam pelaksanaannya untuk diskusi kelompok asal dan kelompok ahli, guru harus memberikan pendampingan, pengawasan, dan rangsangan pertanyaan agar diskusi siswa berjalan dengan kondusif. Serta saat presentasi dan penguatan, guru harus memberikan penekanan konsep dan menyimpulkan pembelajaran bersama dengan siswa. Hasil akhir dalam penelitian ini menunjukkan kemampuan komunikasi matematis lisan maupun tulis mengalami peningkatan dan masuk dalam kategori tinggi. Jadi dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran jigsaw dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas IX C SMPN 4 Ponorogo. Kata kunci: Model Pembelajaran Jigsaw, Kemampuan Komunikasi Matematis Lisan, Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 08 Oct 2018 06:25
Last Modified: 08 Oct 2018 06:25
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4293

Actions (login required)

View Item View Item