MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 1 KECAMATAN BALONG TAHUN AJARAN 2018/2019

EMY, KRISTIYANI (2018) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING STARTS WITH A QUESTION (LSQ) PADA SISWA KELAS VII E SMP NEGERI 1 KECAMATAN BALONG TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HAL DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (433kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (417kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (409kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (148kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (214kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika melalui penerapan model pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kecamatan Balong. (2) Mendeskripsikan keterlaksanaan model pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ) dalam rangka meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kecamatan Balong. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Subjek peneliti adalah siswa kelas VII E SMP Negeri 1 Kecamatan Balong yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes sedangkan instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes hasil belajar siswa. Analisis data menggunakan statistik deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika melalui penerapan Model Pembelajaran Learning Starts With A Question (LSQ). Hal ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa yang menunjukkan peningkatan hasil belajar. Hasil ketuntasan belajar siswa sebelum tindakan sebesar 30 % siswa yang tuntas dalam pembelajaran dan setelah dilakukan tindakan meningkat sebesar 33.33% pada siklus I (mengalami peningkatan sebesar 3.33%), sedangkan pada sikus ke II memperoleh hasil ketuntasan belajar siswa sebesar 73.33%, dan pada siklus ke III memperoleh hasil ketuntasan belajar siswa sebesar 83.33% siswa yang tuntas dalam pembelajaran. Untuk skor keterlaksanaan pembelajaran dalam siklus I ke siklus II dan III mengalami peningkatan. Rata - rata skor keterlaksanaan pembelajaran pada siklus I sebesar 47.5% sedangkan pada siklus ke II skor keterlaksanaan pembelajaran sebesar 60 % dan pada siklus III skor keterlaksanaan pembelajaran sebesar 80%. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa penerapan model pembelajaran Learning Starts With A Question dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas kelas VII E SMP Negeri 1 Kecamatan Balong Tahun 2018/2019. Kata kunci : Hasil belajar, model Learning Start With A Question

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 08 Oct 2018 06:36
Last Modified: 08 Oct 2018 06:36
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4298

Actions (login required)

View Item View Item