UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2018/2019

SITI, NURMAIDAH (2018) UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 1 PONOROGO TAHUN AJARAN 2018/2019. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (790kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (385kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (688kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (309kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (231kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat belajar matematika pada siswa kelas VII B SMP N 1 Ponorogo tahun ajaran 2018/2019. (2) mengetahui dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan prestasi belajar matematika pada siswa kelas VII B SMP N 1 Ponorogo tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang terdiri dari 2 siklus dengan masing-masing siklus dilaksanakan dalam 3 kali pertemuan yakni 2 kali tatap muka dan 1 kali tes akhir siklus. Adapun tahapan dari tiap siklus meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Sedangkan subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII B SMP N 1 Ponorogo yang terdiri dari 32 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengisian lembar angket minat an tessetiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan persentase minat belajar siswa sebesar 68,75% pada siklus I menjadi 84,37% pada siklus II. Dan peningkatan prestasi belajar siswa sebesar 62,50% pada siklus I menjadi 78,12% pada siklus II. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan model Problem Based Learning (PBL) dapat meningkatkan minat dan prestasi belajar siswa kelas VII B SMP N 1 Ponorogo tahun ajaran 2018/2019. Kata Kunci: minat belajar, pestasi belajar, Problem Based Learning (PBL)

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 08 Oct 2018 06:52
Last Modified: 08 Oct 2018 06:52
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4307

Actions (login required)

View Item View Item