MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPA ENERGI BUNYI KELAS IV SDN II PULE TAHUN AJARAN 2017/2018

RIBUD, SETIAWAN (2019) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN SNOWBALL THROWING PADA MATA PELAJARAN IPA ENERGI BUNYI KELAS IV SDN II PULE TAHUN AJARAN 2017/2018. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
2.-BAB-I.pdf

Download (437kB)
[img] Text
3.-BAB-II.pdf

Download (522kB)
[img] Text
4.-BAB-III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (601kB)
[img] Text
5.-BAB-IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (462kB)
[img] Text
6.-BAB-V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (215kB)
[img] Text
7.-DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Download (265kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Kata Kunci :Pembelajaran Snowball Throwing, Prestasi Belajar¸ IPA Pembangunan dalam dunia pendidikan yaitu usaha mencerdaskan serta meningkatkan kualitas pendidikan manusia untuk mewujudkan masyarakat yang maju, adil, dan makmur. Agar generasi masa depan cemerlang dan khususnya pendidikan di Indonesia mengalami perubahan yang lebih baik, perlu diupayakan langkah-langkah penyempurnaan mendasar, konsisten, dan sistematis sejak mulai sekolah dasar. Oleh karena itu pendidikan yang berorientasi pada sekolah dasar, perlu adanya pembaharuan dan inovasi di proses pengajarannya agar tidak hanya mencatat, mendengarkan, ceramah dan sebagainya. Seperti halnya yang terdapat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) II Pule, yang berada di Desa Pule, Kecamatan Pule, Kabupaten Trenggalek, ini dalam proses pembelajarannya masih mencatat, mendengarkan ceramah, oleh karena itu perlu diadakan perubahan. Inovasi yang baru sangatlah diperlukan untuk meningkatkan semangat belajar peserta didik agar prestasinya semakin meningkat. Tidak hanya itu saja juga meningkatkan mutu dan kualitas pembelajarannya. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan di SDN II Pule Trenggalek, pelaksanaan siklus I tindakan I yang telah dilakukan, (1) kondisi siswa dalam kelas masih pasif; (2) peneliti masih terlihat bingung dalam menerapkan karena siswa belum memahami model pembelajaran Snowball Throwing; (3) siswa sulit untuk mengeluarkan pendapatnya; (4) penugasan pada lembar kerja Siswa (LKS) belum mendapatkan hasil yang maksimal, dengan ketuntasan sebesar 40% dan belum memenuhi standar nilai KKM. Selanjutnya peneliti melakukan siklus I tindakan II, dengan ketuntasan sebesar 60%. Kemudian melakukan siklus II tindakan I yang memperoleh ketuntasan sebesar 80%, dan siklus II tindakan II dengan ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil penelitian pada siklus I tindakan I, II dan siklus II tindakan I, II yang dilaksanakan pada tanggal 17 Juli sampai dengan 28 Juli 2018 pada kelas IV SDN II Pule Trenggalek dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam “Energi Bunyi.” Penerapan model pembelajaran Snowball Throwing juga dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam belajar serta siswa merasa senang karena model pembelajaran Snowball Throwing sangat mudah untuk membantu daya ingat, karena proses pembelajarannya sambil bermain.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 25 Mar 2019 04:52
Last Modified: 25 Mar 2019 04:52
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4575

Actions (login required)

View Item View Item