MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) KELAS XII PM SMK PGRI 1 PONOROGO

ENDAH, KARTIKA WATI (2019) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN THINK-TALK-WRITE (TTW) KELAS XII PM SMK PGRI 1 PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (201kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (228kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (117kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (146kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa kelas XII PM SMK PGRI 1 Ponorogo. Penelitian ini didasarkan pengamatan di kelas XII PM SMK PGRI 1 Ponorogo yaitu siswa mengalami kesulitan ketika memecahkan masalah atau menyelesaikan soal latihan yang diberikan. Selain itu, siswa juga merasa kesulitan untuk mengkomunikasikan ide-idenya pada saat pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunak pendekatan kualitatif yang dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII PM SMK PGRI 1 Ponorogo tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data meliputi soal tes kemampuan komunikasi matematis siswa secara tertulis, lembar observasi kemampuan komunikasi matematis siswa secara lisan, dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Analisis data dilakukan secara deskriptif kualitatif terhadap data yang diperoleh. Indikator dalam penelitian ini adalah kemampuan komunikasi matematis secara tertulis maupun lisan dikatakan berhasil jika semua indikator keberhasilan mencapai kategori baik yaitu , dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran oleh siswa dan guru mencapai kategori baik yaitu . Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan bahwa penerapan model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW) yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan langkah-langkah pembelajaran yakni guru membagikan Lembar Kerja Siswa (LKS), guru mengarahkan siswa untuk memikirkan cara menyelesaikan soal latihan yang ada di Lembar Kerja Siswa (LKS) (think), guru membimbing siswa yang mengalami kesulitan, guru mengarahkan siswa untuk terlihat aktif saat berdiskusi (talk), dan guru membimbing siswa untuk menuliskan hasil diskusinya secara mandiri dibuku catatan (write). Upaya yang peneliti berikan untuk perbaikan siklus berikutnya adalah memberikan arahan kepada siswa mengenai langkah-langkah model pembelajaran Think-Talk-Write (TTW), guru memberikan pertanyaan pancingan kepada siswa sehingga pembelajaran berjalan lebih optimal, dan pemberian reward kepada siswa yang paling aktif bertanya maupun menanggapi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Think-Talk-Write (TTW), komunikasi matematis siswa

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 09 Apr 2019 03:38
Last Modified: 09 Apr 2019 03:38
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4683

Actions (login required)

View Item View Item