UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER (LT) PADA SISWA KELAS XI MA MA’ARIF HASAN MUNADI

MUFLIKIN, ARIF (2019) UPAYA PENINGKATAN MINAT BELAJAR MATEMATIKA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN LEARNING TOGETHER (LT) PADA SISWA KELAS XI MA MA’ARIF HASAN MUNADI. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (561kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (327kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (357kB)
[img] Text
BAB 3 .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (477kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (383kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (336kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (982kB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini di latar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa kelas XI MA Ma’arif Hasan Munadi. Tujuan dari penelitian ini yang pertama adalah menerapkan model pembelajaran learning together (LT) yang dapat meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Yang kedua adalah meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran learning together (LT) pada kelas XI MA Ma’arif Hasan Munadi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif yang mendeskripsikan pembelajaran dengan model pembelajaran learning together (LT) dengan subjek penelitian siswa kelas XI MA Ma’arif Hasan Munadi. Data yang dikumpulkan bersifat deskriptif yang menguraikan kegiatan pembelajaran. Data diperoleh dari instrumen berupa angket minat belajar serta lembar observasi keterlaksanaan kegiatan guru. Data hasil penelitian dianalisis menggunakan analisis deskriptif. Hasil dari penelitian ini, yang dapat meningkatkan minat belajar siswa kelas XI MA Ma’arif Hasan Munadi adalah sesuai dengan langkah pada model pembelajaran learning together (LT) dengan upaya perbaikanya yaitu: 1) guru menyampaikan pelajaran dengan cara yang menarik, 2) guru mengingatkan siswa tentang pentingnya berdiskusi dengan baik, dan 3) guru harus pandai mengatur waktu berdiskusi dan presentasi hasil diskusi serta sesi tanya jawab supaya tidak memakan waktu yang lama. Hal ini didukung dengan hasil analisis lembar observasi keterlaksanaan kegiatan guru yang mencapai kriteria sangat baik. Setelah diterapkan langkah tersebut terbukti bahwa indikator minat belajar siswa dapat meningkat mencapai kriteria tinggi. Kata Kunci: Model Pembelajaran Learning Together (LT), Minat Belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 09 Apr 2019 04:05
Last Modified: 09 Apr 2019 04:05
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4687

Actions (login required)

View Item View Item