POLA PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNANETRA PADA PANTI ASUHAN TUNANETRA TERPADU AISYIYAH PONOROGO

WAHYU, DEWI YULIANA (2018) POLA PENDIDIKAN KARAKTER KEMANDIRIAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS TUNANETRA PADA PANTI ASUHAN TUNANETRA TERPADU AISYIYAH PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (7MB)
[img] Text
bab 1.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (242kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (120kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (286kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (185kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.umpo.ac.id

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter kemandirian bagi anak berkebutuhan khusus tunanetra di Panti Tunanetra Terpadu Aisyiah Kabupaten Ponorogo, (2) menciptakan pola pendidikan karakter kemandirian anak berkebutuhan khusus tunanetra pada Panti Tunanetra Terpadu Aisyiah Kabupaten Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan groundet theory. Penelitian ini dilakukan di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo dengan informan yaitu kepala panti asuhan, pengurus bidang pendidikan dan anak asuh tunanetra. Prosedur pengumpulan data dengan menggunakan prosedur wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan penegasan kesimpulan. Adapun hasil penelitian yang diperoleh dari penelitian ini adalah 1. Pelaksanaan pendidikan karakter kemandirian di Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo sudah terlaksana dengan baik, sesuai dengan ciriciri karakter kemandirian sebagai berikut ;a) Kecenderungan memecahkan masalah dari pada berkutat dalam kekhawatiran bila terlibat masalah ;b) Tidak takut mengambil resiko karena sudah mempertimbangkan baik buruknya ;c) Percaya terhadap penilaian sendiri sehingga tidak sedikit-sedikit bertanya atau minta bantuan ;d) Mempunyai kontrol yang lebih baik terhadap hidupnya. 2. Pola pendidikan karakter kemandirian anak berkebutuhan khusus tunanetra pada Panti Asuhan Tunanetra Terpadu Aisyiyah Ponorogo yaitu ;a) Asessment awal dilakukan tindakan berupa pencatatan identitas dari anak asuh maupun orang tuannya ;b)OMD(orientasi mobilitas dasar) yang berupa pelatihan kegiatan keseharian ;c)Menggali bakat untuk melatih maupun mengembangkan bakat yang dimiliki oleh anak asuh dan ;d) OML (Orientasi mobilitas lanjutan) kegiatan yang berkaitan dengan kegiatan yang dilakukan dimasyarakat, kegiatan tersebut dilakukan secara fleksibel sesuai dengan kegiatan keseharian anak. Kata Kunci: Pola Pendidikan, Karakter Kemandirian, Anak Berkebutuhan Khusus Tunanetra, Panti Asuhan.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 11 Apr 2019 03:00
Last Modified: 11 Apr 2019 03:00
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4702

Actions (login required)

View Item View Item