PENGEMBANGAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT UNTUK SISWA SMA

Wahyudi, Wahyudi (2016) PENGEMBANGAN PENALARAN MATEMATIS PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT UNTUK SISWA SMA. In: Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika dengan tema ”Pengembangan 4C’s dalam Pembelajaran Matematika: Sebuah Tantangan dalam Pengembangan Kurikulum Matematika", 28 Mei 2016, Malang.

[img] Text
7. Artikel Prosiding Pasca UM Malang (Agustus 2016) UM MALANG.pdf

Download (920kB)
[img] Text
12. PEER REVIEW GABUNGAN PROSIDING UM MALANG 2016.pdf

Download (785kB)
[img] Text
PROSIDING_UM_WAHYUDI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penalaran matematis merupakan suatu kemampuan yang harus dimiliki oleh siswa dalam belajar matematika karena penalaran dan matematika merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Penalaran matematis digunakan untuk menarik suatu kesimpulan dengan benar berdasarkan fakta-fakta atau bukti-bukti yang ada. Pada dasarnya semua materi matematika dapat dikembangkan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematis, antara lain materi persamaan kuadrat. Kajian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penalaran matematis pada materi persamaan kuadrat untuk siswa SMA. Kemampuan penalaran matematis pada materi persamaan kuadrat dapat dikembangkan dengan empat indikator yaitu: siswa mampu mengidentifikasi bentuk, siswa mampu membuat dugaan, siswa mampu memberikan argumen, dan siswa mampu menarik suatu kesimpulan yang berkaitan dengan persamaan kuadrat. Deskripsi pengembangan penalaran ini dapat dijadikan sebagai alternatif pengembangan penalaran matematis agar siswa mampu memahami dan menguasai materi tersebut dengan dilandasi penalaran. Selain itu, adanya peran guru dalam mengembangkan penalaran diharapkan mampu meningkatkan kemampuan penalaran matematis siswa. Kata kunci: penalaran matematis, persamaan kuadrat, metode penyelesaian.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 05 Jul 2019 07:09
Last Modified: 05 Jul 2019 07:09
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4900

Actions (login required)

View Item View Item