PENERAPAN TALKING STICK DALAM MENINGKTAKAN PRETASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS X DI MA MUHAMMADIYAH 7 BUNGKAL

Ratnasari, Diyannita (2019) PENERAPAN TALKING STICK DALAM MENINGKTAKAN PRETASI BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SKI KELAS X DI MA MUHAMMADIYAH 7 BUNGKAL. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
halaman depan.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (235kB)
[img] Text
BAB II .pdf

Download (462kB)
[img] Text
BAB III .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (267kB)
[img] Text
BAB IV .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (464kB)
[img] Text
BAB V .pdf
Restricted to Repository staff only

Download (100kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (207kB)
[img] Text
lampiran belakang.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Prestasi Peserta Didik, Metode Talking Stick, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Lembaga pendidikan yang sifatnya formal, Mengetahui meningkat atau tidaknya prestasi peserta didik dilihat dari bagaimana hasil prestasi peserta didik setelah melaksanakan proses pembelajaran. Peningkatan prestasi peserta didik dipengaruhi oleh guru, guru harus mampu menguasai kelas agar peserta didik dapat menangkap materi yang akan diajarkan jika mereka dapat menangkap dan memahami materi yang telah diajarkan, maka dapat meningkatkan prestasi mereka,. sebba itu guru harus kreatif dan memiliki wawasan yang luas agar peserta didik memahami apa yang guru jelaskan. Tetapi kebanyakan guru saat ini dalam melakukkan pembelajaran sering sekali membuat peserta didik bosan dan alhasil apa yang disampaikan oleh guru tidak di mengerti oleh peserta didik khususnya dalam materi pembelajaran Sejarah kebudayaan Islam di MA Muhammadiyah 7 Bungkal, Ponorogo. Judul penelitian ini adalah “Penerapan Talking Stick Dalam Meningkatkan Prestasi Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran SKI Kelas X Di Ma Muhammadiyah 7 Bungkal Tahun Ajaran 2019/2020”. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana penerapan pembelajaran Sejarah Kebudyaan Islam dengan menggunakan metode Talking stick di MAM 7 Bungkal kab. Ponorogo tahunajaran 2019/2020. 2) Bagaimana hasil evaluasi pembelajaran Sejarah Kebudyaan Islam dengan menggunakan metode Talking stick di MAM 7 Bungkal kab. Ponorogo tahunajaran 2019/2020. 3) Apa Faktor penunjang dan penghambat dalam pembelajaran Sejarah Kebudyaan Islam dengan menggunakan metode Talking stick di MAM 7 Bungkal kab. Ponorogo tahunajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindak Kelas (PTK) dimana dalam penelitian ini melibatkan guru dan peserta didik dimana objek penelitiannya adalah peserta didik kelas X di MA Muhammadiyah 7 Bungkal yang berjumlah 9 siswi/siswa. Penelitian ini menggunakan teknik penelitian obsevasi, test (pre-test dan post test) dan juga dokumentasi. Hasil pengamatan yang dilakukan oleh peneliti didalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan menggunakan metode Talking Stick terlihat memiliki hasil baik, terlihat dari hasil dari pre-test dan post test yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Terlihat pada test yang pertama hanya memperoleh 44% sebab hanya ada 4 orang dari 9 peserta didik yang tuntas memperoleh nilai diatas KKM 75. Sedangkan pada test yang terakhir terdapat peningkatan menjadi 75%. Terlihat dari Adanya peningkatan hasil prestasi peseta didik hal ini dapat terbilang berhasil dalam menerapkan metode talking stick dalam materi Sejarah Kebudayaan Islam pada pokok pembahasan peradaban bangsa Arab sebelum Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Prestasi Peserta Didik, Metode Talking Stick, Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 24 Sep 2019 07:51
Last Modified: 24 Sep 2019 07:51
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4950

Actions (login required)

View Item View Item