PERAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP ETIKA BUSANA MUSLIM DI MA MUHAMMADIYAH 01 TEGALOMBO TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Rahayu, Sulis (2019) PERAN PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK TERHADAP ETIKA BUSANA MUSLIM DI MA MUHAMMADIYAH 01 TEGALOMBO TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
halaman depan.pdf

Download (842kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (130kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (252kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (30kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (372kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (218kB)
[img] Text
lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Akhir-akhir ini budaya berbusana khususnya dikalangan para remaja sangat memprihatinkan, banyak sekali fenomena yang ditampakan bagaimana mereka berpenampilan sangat jauh dari nilai-nilai yang ditawarkan Islam dalam berbusana. Semakin banyak para remaja yang berpakaian akan tetapi tidak memperhatikan auratnya. Bahkan mereka merasa bangga jika terlihat seksi. Di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo sangat menekankan dalam etika berbusana. Oleh karena itu dalam pemebelajaran Aqidah Akhlak sangat difokuskan mengenai berpakaian muslim. Penelitian ini akan mengulas peran pembelajaran aqidah akhlak dalam berbusana siswa di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui peran pembelajaran aqidah akhlak, hasil dari peran pembelajaran aqidah akhlak, dan faktor pendukung dan penghambat penerapan pembelajaran etika berbusana muslim siswa di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo. Penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif, dengan menggunakan teknik obeservasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti terjun kelapangan berperan sebagai instrumen, yang menjadi subyek utama dalam penelitian ini adalah Kepala Madrasah, kesiswaan, guru BK, guru mata pelajaran Aqidah akhlak, guru, dan siswa di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo. teknik analisis data melalui tiga tahapan yaitu reduksi data, penyajian data dan yang terakhir adalah conclusing drawing. Hasil Dari penelitian peran pembelajaran pendidikan ahklak di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo sangat berperan dalam membentuk pola berbusana siswa yang sesuai dengan kaidah nilai-nilai adab berpakaian Islam atau berbusana muslim, dalam menstrasfermasikan nilai adab berbusana sudah sesuai dimana siswa telah melakukan perubahan pola dalam berbusana artinya pembelajaran yang dilaksanakan berdampak terhadap pola perilaku siswa dalam berbusana. Faktor pendukung dan faktor penghambat dalam membentuk pola berbusana muslim di MA Muhammadiyah 01 Tegalombo, memberikan pengharhaan, berkerja sama dengan orang tua siswa juga berbusana dimasukan poin penilaian utama bagi pelajaran aqidah ahklak. Juga dengan edukasi yang terus menerus agar terbentuk pola kesadaran siswa sedangkan faktor penghambat adalah latar belakang siswa atau lingkungan yangkurang mendukung dan juga pengaruh media yang kian canggih. Kata kunci: Pembelajaran Aqidah Akhlak, Busana Muslim.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Aqidah Akhlak, Busana Muslim.
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > Islamic Studies
Depositing User: Editor FAI
Date Deposited: 27 Sep 2019 02:30
Last Modified: 27 Sep 2019 02:30
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/4967

Actions (login required)

View Item View Item