SANTOSO, BUDI (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VII F SMPN 1 KECAMATAN MLARAK TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.
Text
COVER.rtf Download (2MB) |
||
|
Image
Halaman Pengesahan Penguji.jpg Download (486kB) | Preview |
|
|
Image
Halaman Persetujuan Pembimbing.jpg Download (377kB) | Preview |
|
Text
BAB I - DAFTAR PUSTAKA.rtf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
||
Text
HALAMAN DEPAN.rtf Download (48MB) |
Abstract
Kata Kunci : Model Pembelajaran, Snowball Throwing Pembelajaran matematika di sekolah masih menemuai banyak kendala, matematika merupakan mata pelajaran yang menakutkan, dianggap sulit, membosankan dan masih banyak yang lain. Disamping itu, dalam pembelajaran matematika keaktifan siswa sangat dibutuhkan dan diperlukan motivasi siswa dalam pembelajaran. Menyikapi kondisi seperti ini, guru perlu mengadakan perubahan dan perbaikan diantaranya dengan perbaikan model pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan tujuan, sifat, dan jenis materi yang diajarkan. Salah satu model yang dapat diterapkan dalam mengantisipasi dan mengatasi masalah tersebut adalah model pembelajaran kooperatif. model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Pembelajaran dengan model kooperatif tipe snowball throwing merupakan modifikasi dari teknik bertanya dengan menitikberatkan pada kemampuan merumuskan pertanyaan yang dikemas dalam sebuah permainan menarik yaitu saling melemparkan bola salju (Snowball Throwing) yang berisi pertanyaan kepada sesama teman. Model pembelajaran yang mengacu pada tiga komponen utama yaitu: inquiry, questioning, constructivisme. Model pembelajaran ini lebih menekankan interaksi antar siswa. Siswa berperan aktif dalam proses belajar mengajar dengan berkomunikasi aktif dengan sesama temannya dan guru berperan sebagai mediator dan fasilitator dalam menciptakan proses belajar yang aktif, kreatif dan menyenangkan. Permasalahan yang ingin dikaji dalam penelitian tindakan ini adalah (a) Apakah dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII F SMPN 1 Kecamatan Mlarak Tahun Pelajaran 2011/2012? (b) Bagaimana aktivitas siswa kelas VII F SMPN 1 Kecamatan Mlarak dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing? (c) Bagaimana kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada siswa kelas VII F SMPN 1 Kecamatan Mlarak Tahun Pelajaran 2011/2012? (d) Bagaimana respon siswa kelas VII F SMPN 1 Kecamatan Mlarak Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing? Tujuan penelitian tindakan ini adalah (a) Untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII F SMPN 1 Kecamatan Mlarak Tahun Pelajaran 2011/2012 dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. (b) Untuk mengetahui aktifitas siswa kelas VII F SMPN 1 Kecamatan Mlarak dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing (c) Untuk mengetahui kemampuan guru dalam pengelolaan pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing pada siswa kelas VII F SMPN 1 Kecamatan Mlarak Tahun Pelajaran 2011/2012? (d) Untuk mengetahui respon siswa kelas VII F SMPN 1 Kecamatan Mlarak Tahun Pelajaran 2011/2012 dalam pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing. Berdasarkan tes hasil belajar, ketuntasan hasil belajar siswa siklus I mencapai 32,14 % dan pada siklus II mencapai 71,43 % dan nilai rata-rata akhir tes siklus I mencapai 58,75 dan pada siklus II mencapai 67,68. Hal ini membuktikan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi Perbandingan pada siswa VII F SMPN 1 Kecamatan Mlarak Tahun Pelajaran 2011/2012. Sedangkan hasil pengamatan aktivitas siswa dalam pembelajaran secara keseluruhan, siswa dikatakan belajar aktif dalam proses pembelajaran matematika dari dua siklus tersebut. Hasil pengamatan aktivitas guru dalam pengelolaan pembelajaran memperoleh nilai rata-rata 3,56 pada siklus I dan 3,94 pada siklus II. Dapat disimpulkan dari dua siklus mendapat predikat baik bahkan terjadi peningkatan nilai rata - rata. Adapun respon siswa terhadap pembelajaran matematika dengan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing juga terjadi peningkatan, yaitu pada siklus I mencapai 92,1% dan 93,6% pada siklus II, atau dapat dikatakan bahwa siswa sangat tertarik terhadap pelaksanaan pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe snowball throwing.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Divisions: | Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics |
Depositing User: | Editor FKIP |
Date Deposited: | 12 May 2014 04:16 |
Last Modified: | 12 May 2014 04:16 |
URI: | http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/540 |
Actions (login required)
View Item |