EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY(TSTS) BERBANTUANMEDIA KONKRET TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWAKELAS VIII MTs MURO’ATUDDIN

Hidayatulloh, Muclis Nor (2019) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TWO STAY TWO STRAY(TSTS) BERBANTUANMEDIA KONKRET TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWAKELAS VIII MTs MURO’ATUDDIN. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN (1).pdf

Download (838kB)
[img] Text
BAB I (1).pdf

Download (360kB)
[img] Text
BAB II (1).pdf

Download (456kB)
[img] Text
BAB III (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (746kB)
[img] Text
BAB IV (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (513kB)
[img] Text
BAB V (1).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (341kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (1).pdf

Download (340kB)
[img] Text
LAMPIRAN (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) berbantuan media konkret terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas VIII MTs Muro’atuddin. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental, dengan memberikan perlakuan pembelajaran Kooperatif tipe two stay two stray (TSTS) berbantuan media konkret pada kelas eksperimen, serta metode pembelajaran konvensional pada kelas kontrol. Penelitian dilaksanakan di MTs Muro’atudin Kabupaten Magetan pada Bulan April. Desain penelitian menggunakan desain penelitian quasi ekperimen dengan menggunakan kelas eksperimen dan kelas kontrol. Variabel bebas yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif tipe two stay two stray(TSTS) berbantuan media konkret, sedangkan variabel terikatnya adalah prestasi belajar matematika. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII MTs Muro’atudin, teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test. Berdasarkan rata-rata nilai post test kedua kelas, terlihat bahwa rata-rata nilai post test kelas eksperimen lebih tinggi yaitu sebesar 84 dibandingkan dengan rata-rata nilai post test kelas kontrol yaitu sebesar 76.81. Untuk membuktikan apakah terdapat pengaruh hasil belajar siswa apabila diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dengan berbantuan media kongkret maka digunakan uji t. Hasil pengujian diperoleh temuan bahwa koefisien sig = 0.007 < 0.05 yang berarti Ha diterima dan H0 ditolak.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TSTS Berbantuan Media Konkret, Prestasi belajar Matematika
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 24 Aug 2020 02:23
Last Modified: 24 Aug 2020 02:23
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5486

Actions (login required)

View Item View Item