PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JARIMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SD

ZULIA, RATNA (2012) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JARIMATIKA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS 1 SD. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
Halaman awal.doc

Download (130kB)
[img] Text
BAB I.doc
Restricted to Repository staff only

Download (55kB)
[img] Text
BAB II.doc
Restricted to Repository staff only

Download (617kB)
[img] Text
BAB III.docx
Restricted to Repository staff only

Download (45kB)
[img] Text
BAB IV.docx
Restricted to Repository staff only

Download (145kB)
[img] Text
BAB V.docx
Restricted to Repository staff only

Download (17kB)
[img]
Preview
Text
Pengesahan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Persetujuan.pdf

Download (2MB) | Preview
[img] Text
Daftar pustaka.docx

Download (15kB)
Official URL: http://lib.umpo.ac.id

Abstract

Kata kunci : Prestasi belajar, Metode jarimatika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh pembelajaran metematika menggunakan metode jarimatika terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 SD Negeri 2 Ronowijayan, Kecamatan Siman, Kabupaten Ponorogo. Variabel terikat dalam penelitian eksperimen ini adalah prestasi belajar, sedangkan variabel bebas dalam penelitian eksperimen ini adalah metode jarimatika. Bentuk penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 1 SD Negeri 2 Ronowijayan yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data digunakan teknik wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan pada data yang diperoleh dan analisisnya, maka kesimpulan merupakan langkah terakhir dari suatu penelitian. Sehubungan dengan penelitian yang penulis lakukan dan analisa yang telah penulis selesaikan diperoleh nilai thitung = -4,70 dan nilai ttabel = -2,07 itu artinya Ho ditolak dan Ha diterima maka, diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh pembelajaran matematika dengan meggunakan metode jarimatika terhadap prestasi belajar siswa kelas 1 SD Negeri 2 Ronowijayan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QA Mathematics
Divisions: Departement of Teacher Training and Education > Department of Mathematics
Depositing User: Editor FKIP
Date Deposited: 20 May 2014 01:57
Last Modified: 20 May 2014 01:57
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/562

Actions (login required)

View Item View Item