IMLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BAGI MUSLIMAH DENGAN METODE TALAQQI DI KAMPUNG SVAY KHLEANG DISTRIK KROCH CHMAAR CAMBODIA

Heriadi, Heriadi (2020) IMLEMENTASI PEMBELAJARAN AL-QUR’AN BAGI MUSLIMAH DENGAN METODE TALAQQI DI KAMPUNG SVAY KHLEANG DISTRIK KROCH CHMAAR CAMBODIA. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
1. HALAMAN DEPAN.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (323kB)
[img] Text
BAB 2.pdf

Download (379kB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (239kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (469kB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (243kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (266kB)

Abstract

ABSTRAK Heriadi. 2019. Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Talaqqi bagi Muslimah Kampung Svay Khleang Distrik Kroch Chmaar Cambodia. Skripsi. Program Strara Satu (S-1), Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing : (1) Katni, M.Pd.I (II) Ayok Ariyanto, M.Pd.I Kata Kunci : Implementasi, Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Talaqqi. Kampung Svay Khleang Distrik Kroch Chmaar merupakan kampung minoritas muslim di Cambodia. Kondisi Islam masih sangat terbatas kuantitas pendidikan Islam. Lembaga pendidikan Islam pun masih terbatas, terdapat sebuah Yayasan Islam bernama SEPAMA yang memiliki lembaga pendidikan Islam setingkat sekolah dasar, sekaligus digunakan sebagai pembelajaran Al-Quran bagi Para Muslimah di Kampung Svay Khleang. Menariknya walaupun umur mereka 50 tahun lebih mereka sangat bersemangat belajar al-Quran, bahkan pada waktu mati lampu juga tetap hadir belajar mengaji Al-Qur’an hal ini yang menjadikan peneliti tertarik untuk mengambil penelitian ini. Tujuan Penelitia ini adalah mendeskripsikan implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan Metode Talaqqi bagi Muslimah Kampung Svay Khleyang Cambodia. Untuk mendeskripsikan hasil implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode talaqqi bagi muslimah. Untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode talaqqi bagi Muslimah Kampung Svay Khleang Distrik Kroch Chmaar Cambodia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi, dokomentasi, yang mana semua ini untuk menjawab terkait permasalahan terkait yang diteliti Implementasi Pembelajaran Al-Qur’an Dengan Metode Talaqqi bagi Muslimah. Analisis data menggunakan analisis diskriptif kualitatif. Hasil temuan peneliti ini adalah: (1) Implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode talaqqi bagi muslimah dimulai membaca surat Al-fatihah lalu ditirukan ibu-ibu dan dilanjutkan membaca juz 30 disimak dan diikuti, lalu membaca juz 29, juz 28, juz 1, juz 2 semua menyimak lalu diikuti bacaannya terus menerus hingga lancar baru dilanjut surat yang lain. Diikuti sekitar 50 muslimah, dan dilaksanakan setiap hari rabu, jumat dan sabtu pukul 18.30-20.30. (2) Hasil implementasi pembelajaran Al-Qur’an bagi muslimah mengalami peningkatan yang sangat baik mulai bacaannya lancar, mengetahui panjang pendeknya dan salahnya serta ada yang hafal juz 30, dan surat pilihan lainnya seperti Al-Mulk dan Al-Waqiah dan serta mengucapkan hurufnya dengan tepat serta bacaan makhrojnya fasih dan lancar. (3) Faktor pendukung implementasi pembelajaran Al-Qur’an dengan metode talaqqi bagi muslimah yaitu gurunya mahir dalam membaca Al-Qur’an dan fasih serta dilengkapi sarana dan prasarana yang memadai. Faktor penghambat ialah kurangnya SDM dan buku panduan Al-Qur’an serta buku acuan kurikulum pembelajaran Al-Qur’an yang memadai.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Pembelajaran Al-Qur’an, Metode Talaqqi
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 04 Jan 2021 01:37
Last Modified: 04 Jan 2021 01:37
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5636

Actions (login required)

View Item View Item