UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI MTS MUHAMMADIYAH 3 YANGGONG PONOROGO

Hilda, Fadlilah Zintia (2020) UPAYA GURU DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KEMUHAMMADIYAHAN DI MTS MUHAMMADIYAH 3 YANGGONG PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
01. hal depan.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (437kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (500kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (325kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (324kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (115kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (126kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (793kB)

Abstract

ABSTRAK Fadlilah Zintia Hilda. 2020. Upaya Guru dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Kemuhammadiyahan di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo. Skripsi. Prodi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Ponorogo. Pembimbing I: Katni, M.Pd.I., dan Pembimbing II: Sigit Dwi Laksana, M.Pd.I Kata Kunci: Upaya Guru, Minat Belajar, Pelajaran Kemuhamamdiyahan Minat belajar peserta didik yang kurang dapat menghambat tercapainya pembelajran kemuhammadiyahan. Mata pelajaran kemuhammadiyahan mengandung sejarah, tokoh-tokoh pendiri mengarah ke cerita pada masa lalu, metode yang dapat diterapkan dalam pembelajaran kemuhammadiayahan adalah metode ceramah, diskusi/ kelompok, praktik terjun kelapangan masyarakat yang telah dilakukan di MTs Muhammdiyah 3 Yanggong Ponorogo, sehingga peneliti tertarik untuk membahas permasalahan ini. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan upaya guru dalam meningkatkan minta belajar siswa pada mata pelajaran kemuhammadiyahan di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo dan faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat. Untuk menjawab pertanyaan diatas, penulis melakukan penelitian di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo menggunakan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dari penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa (1) Bentuk upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa ialah menyampaikan materi dengan menggunakan berbagai metode, memotivasi serta memberika pemahaman mengenai pentingnya pelajaran kemuhammadiyahan untuk masa depan, menggunakan metode inkuiri dan praktek langsung mengenal muhammadiyah melalui organisasi Pelajar Muhammadiyah (IPM) hal ini merupakan bentuk pembelajaran contectual teaching and learning (2) Faktor pendukung dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran kemuhammadiyahan di MTs Muhammadiyah 3 Yanggong Ponorogo yaitu menggunakan metode-metode sesuia dengan materi yang akan disampaikan, metode praktik terjun kelapangan dengan pendekatan kontekstual yang digunakan guru untuk menambah wawasam siswa dan motivasi guru serta tanggung jawab guru sebagai pengampu mata pelajaran kemuhammadiyahan. Sedangkan yang menjadi Faktor penghambat dalam meningkatkan minat belajar siswa yaitu acuhnya siswa terhadap mata pelajaran kemuhammadiyahan, kurangnya jam pelajaran kemuhammadiyahan, serta tidak adanya media pembelajaran berupa buku paten pegangan siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Upaya Guru, Minat Belajar, Pelajaran Kemuhamamdiyahan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 04 Jan 2021 02:47
Last Modified: 04 Jan 2021 02:47
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5638

Actions (login required)

View Item View Item