IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERNIKAHAN TUNANETRA DI KABUPATEN PONOROGO

Rohim, Subekhi Hamzah Sari Nur (2020) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN ISLAM DALAM PERNIKAHAN TUNANETRA DI KABUPATEN PONOROGO. Skripsi (S1) thesis, Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

[img] Text
HALAMAN DEPAN.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (810kB)
[img] Text
BAB II.pdf

Download (787kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (421kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (413kB)
[img] Text
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Rohim, Subekhi Hamzah Sari. 2020. Implementasi Pendidikan Islam dalam Pernikahan Tunanetra di Kabupaten Ponorogo. Pembimbing (1) Dr. Nurul Iman, Lc, M. HI dan Pembimbing (2) Rohmadi, S.H.I, M.P.I. Kata Kunci: Pernikahan, Pendidikan Islam, Penyandang Disabilitas Tunanetra, Orang tua, Pola Pelaksanaan Pendidikan. Proses pelaksanaan pendidikan Islam oleh orang tua terhadap seorang anak perlu diperhatikan dengan baik. Peran orang tua dalam pola pelaksanaan pendidikan terhadap anak harus terkonsep dengan baik agar mencapai tujuan atau pencapaian yang diinginkan. Setiap orang tua perlu mengawasi setiap kegiatan anak bersama orang disekitarnya, supaya tidak terjerumus kedalam hal-hal negatif. Namun bagi orang tua yang menyandang Tunanetra memiliki hambatan dalam pelaksanaan pendidikan Islam atau pendidikan umum terhadap anaknya, sehingga memerlukan bantuan dari salah satu anggota keluarga yang mampu dan bisa membantunya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi terkait implementasi pendidikan Islam dalam pernikahan penyandang disabilitas di Ponorogo dan faktor penghambat atau penghalang dalam proses pelaksanaan pendidikan Islam oleh orang tua terhadap anak. Penelusuran terkait hal tersebut dimulai dari identifikasi manajemen keluarga bahagia dalam pernikahan penyandang disabilitas, pendidikan anak menurut Islam, nilai-nilai pendidikan Islam yang bisa ditanamkan kepada diri anak, pola pelaksanaan pendidikan Islam terhadap anak serta faktor penghambat dan pendukung yang dialami dalam proses implementasi pendidikan anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dimana pengumpulan datanya dilakukan dengan wawancara, dokumentasi, dan observasi langsung dilapangan sehingga mampu menggali lebih dalam tentang implementasi pendidikan Islam dan faktor penghambatnya dalam pernikahan penyandang disabilitas di Ponorogo. Objek dalam penelitian ini adalah orang tua penyandang disabilitas Tunanetra yang sudah berkeluarga dan mempunyai anak. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menyatakan bahwa implementasi pendidikan Islam dalam pernikahan penyandang disabilitas di Ponorogo dilakukan dengan pola: (a) Penanaman aqidah, ibadah, akhlak, dan kognitif kepada anak sejak usia dini, (b) Memprogramkan pendidikan anak ke lembaga yang berbasis Islami, (c) Memberi nasihat yang baik dan mengawasi kegiatannya serta berusaha menjadi teman bagi anak-anaknya. Sedangkan terkait faktor penghambat proses pelaksanaan pendidikan terhadap anak ada empat yaitu: (a) Tunanetra, (b) Kesulitan pembiasaan anak untuk beribadah di usia dini, (c) Jarak jauh, (d) Manajemen waktu anak kurang baik. Untuk faktor pendukungnya ada tiga yaitu: (a) Lingkungan yang mendukung karena mendapatkan bantuan dari anggota keluarga dan anak asuh, (b) Adanya alat komunikasi, (c) Adanya bantuan dari lembaga yang berbasis Islami.

Item Type: Thesis (Skripsi (S1))
Uncontrolled Keywords: Pernikahan, Pendidikan Islam, Penyandang Disabilitas Tunanetra, Orang tua, Pola Pelaksanaan Pendidikan
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BP Islam. Bahaism. Theosophy, etc
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Islamic Studies
Depositing User: Library Umpo
Date Deposited: 04 Jan 2021 04:17
Last Modified: 04 Jan 2021 04:17
URI: http://eprints.umpo.ac.id/id/eprint/5643

Actions (login required)

View Item View Item